Jakarta, InfoPublik - Kementerian Kesehatan bersama Basarnas ikut bertanggung jawab untuk pengamanan dan untuk yang sakit dapat memanfaatkan pos kesehatan dan cek kesehatan.

Hal tersebut dikatakan Menteri Kesehatan Nila Moeloek saat meninjau Pos Kesehatan di Dermaga 5 Pelabuhan Merak Senin (11/6). Ia juga mengatakan bahwa alat kesehatan sudah cukup lengkap.

“Kami juga telah menyiapkan ambulans jika memang pasien ada yang perlu dirujuk ke RS terdekat yang dapat dinikmati secara gratis,” kata Menteri Nila melalui rilisnya di website Kemenkes Selasa (12/6).

Selain dengan adanya fasilitas kesehatan yang telah dilengkapi, tentunya Menteri Nila juga mengingatkan bahwa pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), minum air putih secukupnya jangan sampai dehidrasi, saat mengemudi tidak boleh minum obat-obatan yang membuat kantuk dan minuman alkohol.

Prinsipnya adalah keselamatan itu dari diri sendiri karena kita punya tanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga. Jika lelah istirahat dan belajar untuk manajemen waktu.

Menteri Nila juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada polisi, tenaga kesehatan, dan TNI yang telah memberikan fasilitas dan meluangkan waktu untuk memberikan bantuan kepada masyarakat saat mudik lebaran tahun ini.

“Selamat bertugas untuk tenaga kesehatan dalam giat mudik lebaran tahun ini. Tetap semangat dan jaga kesehatan, untuk pengemudi hati-hati saat berkendara dan untuk pemudik selamat berjumpa dengan keluarga dan jangan lupa jaga kesehatan,” kata Menteri Nila.