Libur, Pelayanan Kependudukan Kota Bandung Tetap Jalan

:


Oleh MC KOTA BANDUNG, Jumat, 8 Juni 2018 | 16:03 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 400


Bandung, InfoPublik - Libur Lebaran tidak menyurutkan pelayanan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kepada masyarakat. Salah satunya pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Selama masa liburan Lebaran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung akan menempatkan mobil Memberikan Pelayanan Keliling (Mepeling) di Terminal Cicaheum dan Stasiun Kiaracondong. Mobil yang disiapkan untuk perekaman KTP eklektronik tersebut, mulai beroperasi Jumat (8/6/2018).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni yang ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Kamis (7/6/2018), menuturkan, pelayanan Mapeling di terminal dan stasiun untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang mau mudik dan belum sempat melakukan perekaman KTP elektronik.

“Bagi masyarakat yang kebetulan mau berangkat mudik dan belum sempat perekaman, kita anjurkan melakukannya di sana,” katanya.

Pelayanan perekaman KTP elektronik pada saat libur Lebaran, tidak lepas dari upaya Pemkot Bandung untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. Pemkot Kota Bandung berusaha supaya warganya yang mempunyai hak pilih, bisa berpartisipasi pada hari pencoblosan, 27 Juni mendatang.

Selain melakukan perekaman, petugas yang ada di Mapeling akan menyosialisasikan masalah kependudukan kepada warga yang akan mudik. Tujuannya supaya mereka paham tentang aturan kependudukan di Kota Bandung.

“Biasanya penduduk yang mudik, akan membawa orang masuk ke Kota Bandung. Bandung bukan kota yang tertutup, bagi siapa saja orang boleh masuk, tetapi dengan syarat sudah jelas tujuannya,” kata Popong.

Bagi penduduk luar yang ingin datang ke Kota Bandung, disarankan supaya jelas tujuan kedatangannya. Apakah akan meneruskan pendidikan, bekerja atau hanya liburan. “Datang ke Bandung harus jelas. Jika mau kerja, kemampuan apa yang dimiliki, tempat tinggal selama di Bandung di mana,” tuturnya.

Popong berpesan, bagi warga Kota Bandung yang mudik, apabila akan membawa saudara atau kerabatnya, pastikan mereka mempunyai keahlian dan mempunyai tujuan yang jelas.   (humas-bandung.go.id/Vira)