Sleman, InfoPublik - Berbagai upaya tengah disiapkan Pemkab Sleman guna menyambut para pemudik Lebaran. Pemkab Sleman melalui Sekda Sleman, Sumadi, menuturkan bahwa akan memberi jaminan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dengan menyiapkan berbagai sarana dan prasarana. 

"Secara keseluruhan kami siap menyambut dan melayani pemudik yang masuk wilayah Sleman. Kami sudah melakukan pengecekan ke sejumlah ruas jalan, termasuk ruas jalan alternatif untuk memastikan kesiapan ini," ujar Sumadi, Rabu (6/6) di Aula Lantai III Setda Sleman. 

Didampingi sejumlah Kepala Dinas terkait, Sumadi mengungkapkan meski nantinya ada cuti Lebaran yang cukup lama bagi PNS, namun ini tidak menjadi alasan untuk mengurangi layanan aparat pemerintah kepada masyarakat.

"Untuk instansi terkait dengan pelayanan kepada masyarakat semisal Puskesmas dan RS Daerah, pemerintah desa dan kecamatan akan menggunakan sistem piket," beber Sumadi.

Tak hanya itu, pelayanan dipastikan Sumadi akan tetap berjalan normal pada hari pertama Lebaran. "Biasanya pelayanan dibuka usai salat Id, jadi prinsipnya untuk menghadapi Lebaran kami sudah siap," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman Sleman, Sapto Winarno, menambahkan, ada sejumlah perbaikan jalan di wilayah Sleman yang menjadi kewenangannya. Namun, perbaikan akan dihentikan sementara mulai h-10 Lebaran untuk menjamin kelancaran lalu lintas. 

"Untuk jalur alternatif juga sudah diberi penambahan rambu dan penerangan sehingga bisa digunakan pemudin dengan nyaman dan aman," jelas Sapto. 

Hal senada diungkap Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Mardiyana. Menurutnya, penambahan rambu penunjuk arah dan lampu penerangan sangat dibutuhkan terutama di jalur alternatif yang kemungkinan bakal dilewati pemudik.(MC.Kab.Sleman/Eyv)