Paringin, InfoPublik - Satu kecamatan memiliki satu perpustakaan yang ditargetkan Pemkab Balangan melalui Dinas Perpustakaan setempat belum terpenuhi, lantaran berbagai macam kendala. Terkait hal ini, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan menyoroti terkait belum terealisasinya pembangunan perpustakaan di Kecamatan Halong sampai saat ini.

Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Abdul Hadi saat ditemui, Senin (4/6) menuturkan, ada beberapa alasan kenapa di Kecamatan Halong harus segera dibangun perpustakaan. Hal itu di antaranya yaitu Halong memiliki jumlah penduduk yang terbesar di Kabupaten Balangan.

“Selain itu, letak Kecamatan Halong yang jauh dari pusat kota atau lokasi perpustakaan umum daerah, juga menjadi salah satu alasan penting. Kasihan kan kalo masyarakatnya harus jauh-jauh ke kota hanya untuk membaca dan meminjam buku bacaan,” ujarnya.

Sehingga, lanjut Hadi, terkait masalah Pembangunan Perpustakaan di Kecamatan, harapannya untuk di Kecamatan Halong untuk bisa segera untuk di selesaikan permasalahannya dan dibangunkan. Lebih jauh dia mengharapkan target pemerintah membangun satu perpustakaan di tiap kecamatan dapat segera terlaksana, karena harus diakui keberadaan perpustakaan merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan kualitas SDM.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan, Syarif Ubaidillah menuturkan, saat ini baru ada empat kecamatan yang memiliki perpustakaan sendiri, di antaranya Kecamatan Paringin, Juai, Batumandi dan Tebing Tinggi.

“Pembangunan perpustakaan di tiap kecamatan kita lakukan secara bertahap. Khusus Kecamatan Halong, memang ada sedikit permasalahan tapi akan segera kita selesaikan,” ungkapnya. (MC Balangan/way/eyv)