Warga Desa Simatibung Tobasa Hibahkan Tanah untuk Pembangunan jalan

:


Oleh MC KAB TOBA SAMOSIR, Kamis, 7 Juni 2018 | 07:30 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 412


Balige,InfoPublik-Warga Desa Simatibung  Kecamatan Laguboti,Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menghibahkan -memberikan tanah secara sukarela untuk  mendukung pembangunan jalan desa yang bersumber Anggaran Dana Desa (ADD).

Camat Laguboti Dumaria Sinaga, Rabu (6/6)  menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan kerelaan warga desa  memberikan tanah miliknya untuk pembangunan jalan desa.

“Kita berharap sebelum pembangunan jalan ini diselesaikan, Pemerintah Desa Simatibung  harus membuat surat pernyataan pemberian tanah milik pribadi kepada pemerintah desa dari pemilik tanah  untuk dibangun menjadi jalan desa oleh pemerintah desa,” kata Camat Dumaria Sinaga.

Surat pernyataan tersebut, lanjut  camat, berisi penyerahan dari pemilik tanah  kepada pemerintahan desa dengan suka rela tanpa ada menuntut dan meminta ganti rugi dalam menyerahkan tanahnya kepada pemerintah dalam hal ini pemerintahan desa.

“Kepada semua perangkat desa dan para tukang harus mengerjakan pembangunan jalan ini dengan baik dan jujur serta menjaga kwalitas pembangunan jalan demi kepentingan bersama kedepannya,” kata Camat Dumaria Sinaga.

Kepala Desa Simatibung Jhonson Hutahaean didampingi Sekdes Sarmauli Manurung,Ketua TPK Ruddin Hutahaean, PK Donal Hutahaean, Bendahara Desa Dortan Hutahaean dan Kaur Pemerintahan Rolenta Hutahean menjelaskan pembangunan rabat beton jalan desa di Mual Pangariris dan  Lumban Jior Desa Simatibung berkat pemberian warganya  Loide boru Silaen alias  Op.Maju (81) dan  anaknya   Lintong S.Hutahaean (43).

Mereka  menghibahkan tanahnya sepanjang 200 Meter dengan lebar 3 Meter untuk dibangun menjqdi jalan desa dan rela tanah yang diberikan menjadi aset desa.

Kades Simatibung mengucapkan terima kasih dan berharap pelaksanaan pembangunan jalan desa ini dapat terlaksana dengan sukses berkat usaha bersama.

Diperoleh informasi tambahan bahwa Desa Simatibung  TA -2018 menerima DD Rp.700.110.000,00.- dan ADD sebesar Rp. 241.863.000,00.-.

Sebagai pertanda dimulainya pembangunan jalan rabat beton sepanjang 190 meter , telah dilakukan peletakan batu pertama.

Lokasi pertama di Mual Pangariris dusun Lumban Jior Rp.111.773.000 dengan volume 190 M lebar 3 meter tebal 15 Cm.

Untuk lokasi ke dua di Simanjujung Langit dusun Lumban Rihit desa Simatibung sepanjang 317 meter  dengan lebar 2,5 Meter tebal 15 cm Pagu Anggaran Rp.148.867.000,00. 

Turut hadir Kadis PMD diwakili Kasi Pemdes Melati Silalahi, Danrami 16 Laguboti Serma Siringo,Kapolsek Laguboti diwakili Kanit Binmas Aiptu Pol. H.L.Lumbantobing, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat desa Simatibung beserta perangkat, dan warga Desa Simatibung. (MC Tobasa mm/rik/eyv)