Surabaya, InfoPublik - Menjelang Lebaran, jasa penukaran uang kini bukan hanya dilakukan oleh  Bank Indonesia (BI) saja, tetapi bank swasta termasuk Bank Mandiri  pun ikut berpartisipasi membuka jasa penukaran uang dengan sistem jemput bola di beberapa titik di kota dan kabupaten di Jawa Timur. 

Seperti di kawasan Makodam V Brawijaya, Surabaya sejak pagi masyarakat terlihat sudah mengantri memanjang untuk menukarkan uang pecahan baru untuk lebaran.

Di antaranya Bank Mandiri yang menempatkan Mandiri Mobile di 51 titik di kota dan kabupaten di Jawa Timur, terdiri dari 45 cabang  pembantu dan 6 mandiri mobile yang berada di Makodam V Brawijaya, Armatim Perak, Alun- Alun Madiun, Simpang 5 Kediri, MOG Malang  dan Alun - Alun  Kota Jember.

Senior Vice President RTCH Regional 8 Bank Mandiri Susatyo Anto Budiono mengatakan untuk penukaran uang di lebaran tahun 2018 ini, Bank Mandiri menyiapkan Rp 73 miliar untuk masyarakat yang akan menukarkan uang baru. Dengan jangka waktu penukaran satu minggu tiga kali hingga menjelang Lebaran. 

"Tahun ini kita sediakan Rp 73 miliar khusus untuk penukaran uang di 51 titik ini, dengan waktu satu minggu tiga hari yakni Selasa, Rabu dan Kamis dan ini bebas meski bukan untuk nasabah bank mandiri," ungkap Susatyo, Rabu (6/6).

Sementara itu kondisi di lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya antrian terlihat memanjang sejak pengambilan nomor dibuka pada pagi hari. Bahkan para penukar uang ini masih terlihat ngotot antre meskipun pihak bank sudah memberikan informasi jika penukaran telah tutup. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-ryo/toeb)