PP IPTEK Berhasil Uji Coba Tanam Padi Varietas Sidenuk

:


Oleh G. Suranto, Selasa, 5 Juni 2018 | 19:01 WIB - Redaktur: Juli - 873


Jakarta, InfoPublik – Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK), Kemenristekditi yang berada di Lokasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berhasil melakukan uji coba menaman padi di atas kolam, sehingga memberikan contoh kepada para petani yang sering kebanjiran supaya memiliki alternatif untuk tetap menanam padi.

“Padi yang ditanam di sini antara lain ada Varietas Sidenuk dan Varietas IPB 3 S.  Ini kita tanam sejak 16 Maret 2018, dan sebentar lagi bisa dipanen,” kata Direktur PP IPTEK Mochammad Syachrial Annas di PP IPTEK TMII, Jakarta Timur, Selasa (5/6).

Menurutnya, walaupun sering kebanjiran, melalui alternatif ini, petani bahkan bisa panen dua sekaligus, yaitu panen padi dan panen ikan.

Ia menjelaskan, PP IPTEK ini adalah Science Center pertama di Indonesia yang berdiri di atas bangunan seluas 23.400 m2 di lahan 40.000 m2, merupakan sumber belajar iptek non formal yang dibangun untuk melengkapi sarana pendidikan iptek formal. Memiliki tujuan untuk mengenalkan sains dan teknologi kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

"Setiap pengunjung dapat merasakan mudahnya belajar memahami berbagai konsep dan prinsip iptek seperti membuktikan hukum-hukum fisika, kimia, matematika dan biologi, mengaplikasikan iptek dalam pengembangan teknologi seperti prinsip Bernaulli yang diterapkan dalam teknologi pembuatan pesawat terbang, merasakan hebatnya guncangan gempa, dan belajar mengetahui rahasia kehidupan alam lainnya," jelasnya.

Saat ini, kata Syachrial, di PP-IPTEK sudah ada 22 wahana, dan 400 alat peraga, dalam setiap wahana itu ada beberapa alat peraga, sehingga pengunjung bisa belajar dari alat-alat peraga itu untuk meningkatkan pengetahuannya terhadap Iptek.

Wahana-wahana iptek tersebut di antaranya Wahana Petualangan Sains. “Ini merupakan wahana baru di PP-IPTEK. Wahana Petualangan Sains adalah wahana yang berisi alat peraga interaktif yang bersifat tantangan, dimana pengunjung ditantang untuk dapat menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan dari alat peraga yang disajikan,” paparnya.

Wahana tersebut terdiri dari lima alat peraga, yaitu Human Yoyo, Lorong Ilusi, Laser Trap, Mirror Maze, dan Gyro Extreme. Kemudian, wahana-wahana yang lain di antaranya yaitu Wahana Listrik dan Magnet, Wahana Getaran dan Gelombang, Wahana Mekanika, Wahana Peneliti Cilik.

Selain itu, Wahana Lingkungan, Wahana Optik, Wahana Ilusi, Wahana Transportasi Udara, Wahana Fluida, Wahana Transportasi Darat, Wahana Matematika, Wahana Telekomunikasi, Wahana Antariksa, Wahana Flu Burung, Wahana Siaga Pandemi Influenza, Wahana Ozon, Wahana Taman Jurasic, Kidsmart Corner, dan Wahana Tesia Coil.

Masyarakat yang ingin mengunjungi PP IPTEK, harga tiket masuknya Rp16.500 per orang. Sedangkan jam operasional, yaitu Senin-Kamis pukul 08.30-16.00 WIB, Jumat pukul 08.30-16.30 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-16.30 WIB.