Masyarakat Balangan Dimbau selalu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

:


Oleh MC KAB BALANGAN, Selasa, 5 Juni 2018 | 08:16 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 325


Paringin, InfoPublik - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Balangan Hj Nursidah Ansharuddin tidak henti hentinya mengimbau  agar masyarakat Balangan selalu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Istri orang nomor satu di Balangan, mengungkapkan, pembinaan PHBS di rumah tangga merupakan upaya strategis dalam menggerakkan dan memberdayakan keluarga untuk hidup bersih dan sehat.

Melalui upaya tersebut sampainya, para kader diharapkan dapat menyampaikan pentingnya PHBS kepada setiap anggota rumah tangga.

Dengan begitu  setiap anggota keluarga akan tahu, mau dan mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dengan membentuk lingkungan yang sehat.

"Orangtua bisa mengajarkan anaknya untuk hidup bersih dan sehat. Saat ini masih banyak orang tua yang tidak mengedukasi anak-anaknya," katanya, Senin (4/6).

Ditambahkannya, seperti mencuci tangan, kalau orang tua membekali anak-anaknya sejak dari rumah maka mereka selanjutnya akan terbiasa cuci tangan setiap saat.

Selain itu, Ketua TP PKK juga mengingatkan agar keluarga yang memiliki balita atau bayi agar rutin ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk memeriksakan  kondisi dan perkembangan si anak dan rutin untuk imunisasi.

"Usahakan berikan Air Susu Ibu (ASI) esklusif bagi anak kita dari umur 0-6 bulan," pesan Nursidah.

Menurut istri bupati, ASI sangat penting untuk tumbuh kembang bayi, terutama ASI eksklusif yang memiliki kandungan  sebagai sumber nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk tumbuh kembang sang bayi.

Selain itu,  mantan Ketua GOW Balangan mengingatkan bagi ibu yang mengandung agar selalu menjaga pola makan dan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan kepada bidan atau dokter kandungan.

"Kita harapkan warga Balangan bisa membiasakan berperilaku sehat dan bersih tersebut dari hal yang mudah saja dulu, seperti mencuci tangan sebelum makan, hal tersebut karena mencegah lebih baik daripada mengobati," pesannya. (MC Balangan/Roly/Eyv)