Jelang Idul Fitri ,Wabup Tobasa Pimpin Pemeriksaan Sembako Di Pasar

:


Oleh MC KAB TOBA SAMOSIR, Senin, 4 Juni 2018 | 19:56 WIB - Redaktur: Tobari - 349


Balige,InfoPublik - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2018, Tim Satgas Pangan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dipimpin langsung Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus melaksanakan  pemeriksaan Sembako dan barang lainnya di pasar rakyat Laguboti  dan sekitarnya , Senin (4/6).

Kegiatan tersebut dilakukan guna memonitoring barang kadaluwarsa, kenaikan harga pangan strategis,dan pemeriksaan untuk komoditas yang menggunakan bahan formalin untuk menjaga kestabilan harga dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H mendatang.

Wabup Hulman Sitorus  berharap seluruh anggota tim satgas dapat melaksanakan pekerjaan secara terukur dan dapat ditindaklanjuti. Khusus mengenai pangan, impor beras hingga mencapai satu juta ton saat ini membuktikan belum tercapainya swasembada pangan. Hal itu disebutkan masih menjadi beban berat.

Dengan dilakukannya operasi pasar menjelang Hari Raya Lebaran tersebut, kiranya dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan yang lebih terjangkau.

Mestinya kita bisa bekerja lebih baik dan terukur dan dapat ditindaklanjuti. Tidak mungkin pemerintah mengimpor barang jika barang itu masih ada. Menyambut Idul Fitri, kita harus melihat ketersedian barang yang memang layak dengan harga normal.

"Saya malu jika beras dan daging masih kita impor, dengan harga yang tinggi berarti barang itu belum ada, bekerjalah yang baik untuk menyelamatkan negara ini," katanya.

Kadis Perindagkop Tobasa Marsarasi Simanjuntak, mengakui tingkat kesadaran pedagang semakin baik akan pentingnya menghindari barang kadaluarsa walaupun sebagian barang dagangan masih belum memiliki label masa berlaku. 

Sehingga diharapkan kedepan bagi para pengusaha mikro yang belum menggubakan label masa berlaku pada barang produksinya agar membuat label dan memberikan sosialisasi kepada pengusaha atau pengecer. 

Sidak operasi pasar dilakukan oleh 3 tim yang terbagi di 4 lokasi diabtaranya, pasar rakyat, kilang padi dan toko modern.

"Harga-harga kebutuhan pokok relatif stabil dibandingkan dengan hari-hari menjelang Ramadan, barang kedaluwarsa juga minim dibanding sidak tahun lalu, artinya kesadaran masyarakat akan barang kadaluarsa semakin tinggi,” ujar Marsarasi.

Selanjutnya, harga sembako dengan sasaran daging, beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, telur ayam ras, bawang merah, dan beberapa komoditi lainnya masih stabil. Dari operasi yang dilakukan,antara lain beras Rp9.500/kg, bawang merah Rp35.000/kg.

Kemudian, minyak goreng curah Rp12.000/ kg, gula Rp12.000/kg, tepung terigu segitiga biru Rp13.000/kg, daging sapi murni Rp120.000/kg, daging ayam dari 35 ribu turun menjadi Rp32.000/kg.

Tim satgas pangan yang turut melakukan operasi di pasar Laguboti diantaranya dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Asisten dan Staf ahli, Pol PP, Danramil Laguboti Kapt Arm J Simanjuntak, Polri, bersama Camat Laguboti Dumaria Sinaga.(MC Tobasa des/rik/toeb)