Pemkab Enrekang Siapkan Pencanangan 19 Desa sebagai Kampung KB

:


Oleh MC KAB ENREKANG, Senin, 4 Juni 2018 | 11:46 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 568


Enrekang.InfoPublik.- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk-KB) Kabupaten Enrekang terus menggenjot lahirnya Kampung KB. Ada 19 desa dari 12 Kecamatan dicangkan tahun ini.

Jumlah tersebut lebih besar dari tahun 2017 lalu, hanya 12 desa. Desa yang masuk perencanaan itu diantaranya, Desa Tallu Bamba, Lembang, dan Pana.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk-KB), Zubeda Bando mengatakan, upaya ini demi mendorong lahirnya kemandirian yang baik di setiap keluarga.

"harapannya kwalitas hidup warga di desa dapat baik. Program ini berkelanjutan, setelah dimulai sejak 2016 lalu," kata Zubaedah Bando usai pertemuan dengan pimpinan SKPD terkait persiapan pencanangan kampong KB di Enrekang, Senin (4/6).

Zubeda mengungkapkan, pencanangan Kampung KB akan digenjot pelaksanaannya setelah Hari Raya Idulfitri 1439 H. Mekanismenya akan mengacu pada road map pencanangan kampung KB Sulawesi Selatan Tahun 2018.

Kampung KB ini difokuskan pada wilayah desa yang tergolong wilayah tertinggal. Seperti wilayah perbatasan, kepulauan, program padat karya tunai dengan prioritas lokasi kampanye stunting dan wilayah sangat tertinggal.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Bupati Enrekang, H M Amiruddin mengutarakan, program ini memang menjadi salah satu prioritas pemerintah daerah."Program ini akan mengikis kesenjangan di desa-desa terpencil," ujarnya.

HM. Amiruddin menambahkan, Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat.(McEnrekang/Eyv)