Bupati Sorong Adakan Panen Raya Padi di Distrik Klayili

:


Oleh MC KAB SORONG, Senin, 4 Juni 2018 | 08:00 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 922


Sorong, InfoPublik – Bupati Sorong Johny Kamuru mengadakan panen raya padi perdana di Kampung Malawis, Distrik Klayili, Kamis (31/5).

Bupati memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat kampung setempat di mana  sudah dapat menikmati jerih payah yang dilakukan selama ini,  yaitu hasil panen perdana padi.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada pihak TNI dalam hal ini jajaran Kodim 1704/Sorong,  yang telah membuka lahan areal persawahan bagi masyarakat, juga kepada Kementerian Pertanian yang telah membantu   alat persawahan untuk mendukung peningkatan swasembada pangan.

“Semoga kedepannya, kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian rakyat ini tidak berhenti di sini,  namun harus berkelanjutan dan dapat ditingkatkan lagi hasil panennya di tahun-tahun selanjutnya,” harap Bupati Kamuru.

Sementara itu, Sekertaris Desa Malawis, Adi Mayor berharap kiranya pemerintah dapat membantu penambahan jumlah mesin dan saluran irigasi primer untuk meningkatkan pengelolaan sawah desa ini, dan dapat membantu dalam proses penjualan beras.

 Ketua tim pelaksana lapangan Sarman P. Kubewa mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan ini adalah melakukan salah satu program kerja Presiden RI,  yaitu perluasan cetak sawah. Hal ini  dikarenakan sudah banyak lahan persawahan yang dialihfungsikan.

 Kabupaten Sorong mendapat alokasi perluasan areal persawahan seluas 292 hektare (Ha),  yang terdiri dari Distrik Mayamuk 15 Ha, Distrik Salawati 44 Ha, Distrik Moysegen 69 Ha, Distrik Malabotom 139 Ha, dan Distrik Klayili 25 Ha.

Adapun bantuan yang diberikan untuk menunjang program kegiatan perluasan sawah ini berupa benih padi dan pupuk, serta alat mesin traktor roda dua dan pompa air pada tahun 2017 yang lalu.

Panen perdana padi seluas 25 Ha yang diperkirakan akan menghasilkan 30 ton beras yang dapat dinikmati oleh masyarakat Distrik Klayili.

Turut hadir, Dandim 1704/ Sorong Letkol Infanteri Andar Dodianto Panggabean, Kepala Dinas Pertanian Benyamin Halatu   serta Danramil Makbon (Humas Kabsorong/dt/rim/eyv)