Anies Hadiri Dapur Keliling dan Membuka Acara Buka Puasa Bersama Warga

:


Oleh G. Suranto, Kamis, 31 Mei 2018 | 09:31 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 574


Jakarta, InfoPublik - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peluncuran Dapur Keliling dan membuka acara buka puasa bersama warga, di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Rabu (30/5).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi program pelaksanaan buka puasa bersama Pemprov DKI Jakarta yang bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk 223 RW di wilayah DKI Jakarta. Dalam 112 RW yang berada dalam kategori kumuh miskin dan kumuh padat di Jakarta, tercatat Dompet Dhuafa telah memberikan buka puasa bersama rutin kepada 46.500 warga penerima manfaat.

“Sore hari ini, di Kampung Aquarium, kita menyelenggarakan buka puasa bersama, program yang kita selenggarakan di berbagai tempat di Jakarta. Di sini bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap (ACT); khususnya di Kampung Akuarium memang bersama dengan Dompet Dhuafa. Jadi saya terima kasih Dompet Dhuafa menjadi saluran, begitu juga dengan ACT,” terangnya.

Disamping itu, Anies turut mengapresiasi adanya Dapur Keliling Dompet Dhuafa yang akan memobilisasi sajian berbuka untuk warga yang berhak menerima. “Tadi ada juga peresmian Dapur Keliling Dompet Dhuafa. Dan saya juga sampaikan apresiasi, Dompet Dhuafa yang sudah menyiapkan Dapur Keliling ‘Darling’. Dan kita berharap nanti program-program seperti ini lebih banyak lagi nanti yang mau terlibat,” terangnya.

Dirinya mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut terlibat langsung dalam pelaksanaan program sosial seperti ini. "Saya juga mengajak pada semuanya untuk terlibat langsung, ini adalah kesempatan dari kita untuk menunjukan bahwa di Jakarta harus ada keadilan sosial. Kami berkeinginan sebenarnya tidak perlu menyelenggarakan program ini, kenapa? Artinya semua sudah spontan, sudah menyelenggarakan dan sudah jalan. Tapi, sekarang kita jalankan dulu, dan kita berharap nanti lebih banyak lagi yang mau terlibat lewat penyelenggaraan buka bersama,” ungkapnya.

Dapur Keliling ini dipersiapkan untuk membawa penyaluran manfaat bagi kaum dhuafa atau warga miskin di Jakarta. Pemprov DKI Jakarta bersama Dompet Dhuafa akan memberikan makanan berbuka puasa yang sehat bagi warga dengan dibantu relawan. "Kami sangat konsen untuk meningkatkan taraf hidup kaum dhuafa dan kemanusiaan. Diharapkan dengan adanya Dapur Keliling dapat memobilisasi penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan saat berbuka puasa,” kata Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa.

Imam juga menambahkan, kebijakan Pemprov DKI Jakarta mengarah pada keadilan sosial dan berharap masyarakat dapat merasakan manfaatnya dari kebijakan tersebut. "Mudah-mudahan yang kita kerjakan bersama dalam buka puasa bersama ini memberikan keberkahan bagi Jakarta. Kita doakan juga para donatur, karena para donatur mempercayakan dananya kepada Dompet Dhuafa, semoga mereka diberikan kesehatan sepanjang masa,” tambah Imam.