Jakarta, InfoPublik - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan pertemuan Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (30/5).

Kedua kepala negara, sekitar pukul 10.30 WIB, langsung menggelar Veranda Talk di beranda istana. Sejumlah kerjasama bidang ekonomi dan pertahanan akan menjadi agenda kunjungan balasan PM Modi ini. Sebelumnya, Januari 2018, Presiden Jokowi melakukan kunjungan bilateral ke  India.

"Ada beberapa MoU, semuanya sedang kita coba selesaikan ya jadi saya nggak sampaikan sekarang karena semuanya dalam persiapan tahap akhir. Tapi yang penting bahwa India merupaakn salah satu mitra penting kita di Asia, baik dari segi ekonomi maupun segi geopolitik dan geostrategisnya. India itu salah satu yang penting bagi kita," ujar Menlu Retno LP Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (28/5).

Dari pantauan media, PM Modi tiba di Istana Merdeka pukul 10.20 WIB. Presiden Jokowi langsung menyambutnya begitu PM Modi turun dari mobil. Selama proses penyambutan ini lagu kebangsaan India Jana-Gana-Mana dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

Turut serta dalam penyambutan sejumlah anak berpakaian adat dengan memegang bendera Indonesia dan India. Kedua kepala negara menyempatkan diri menyalami anak-anak tersebut.

Dijadwalkan, PM Modi akan berkunjung ke Monumen Nasional (Monas) dan Masjid Istiqlal. Salah satu agenda persahabatan kedua negara, di lapangan Monas akan diterbangkan layang-layang India-Indonesia.