Curah Hujan Meningkat, Warga Singkawang Diingatkan Antisipasi Banjir

:


Oleh MC KOTA SINGKAWANG, Rabu, 30 Mei 2018 | 11:07 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Singkawang, InfoPublik - Curah hujan yang terjadi di Kota Singkawang beberapa hari ini mengingatkan kepada warga Singkawang untuk selalu waspada terhadap bencana banjir yang bisa saja terjadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Burhanuddin mengatakan, meskipun Singkawang masih aman dari banjir, namun BPBD tetap siaga.

"Mengingat curah hujan yang terjadi beberapa hari ini sudah mulai menggenangi daerah-daerah yang rawan banjir khususnya di Kecamatan Singkawang Utara," kata Burhanuddin, Selasa (29/5).

Hanya saja, genangan air yang terjadi belum terlalu dalam, baru sekitar 0 - 25 Cm. "Itupun baru di ruas-ruas jalan," ujarnya.

Melihat kondisi cuaca saat ini, katanya, sepertinya hujan deras masih akan terjadi beberapa hari kedepan. Untuk itu, diingatkan kepada warga untuk selalu waspada apabila terjadi banjir.

"Kami di BPBD sudah siap apabila ada warga yang ingin membutuhkan pertolongan untuk di evakuasi ke tempat yang lebih aman," ungkapnya.

Sementara Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Jayadi mengatakan, curah hujan yang terjadi beberapa hari ini telah mengakibatkan beberapa ruas jalan tergenang air.

"Beberapa ruas jalan itu antaralain, Jl Semai, Semelagi, Naram, Sungai Garam, Setapuk Besar, Kelurahan Bukit Batu dan Sanggau Kulor," kata Jayadi.

Dia pun bersyukur, genangan air yang terjadi tidak sampai menggenangi rumah warga dikarenakan air cepat surut. "Namun jika curah hujan masih tinggi beberapa hari kedepan, tidak menutup kemungkinan banjir tidak dapat dielakkan," ujarnya.

Karena, pada saat bulan purnama biasanya air pasang besar dan rutinnya hujan di daerah hulu.Untuk itu, dia mengingatkan agar warga yang tinggal di wilayah rawan banjir untuk selalu waspada.

"Waspada dalam artian, sama-sama kita menjaga lingkungan, untuk membersihkan selokan/parit yang sudah tersumbat di sekitar rumah," pintanya.

Kemudian, jangan membuang sampah ke dalam sungai karena hal itu dapat menyumbat pergerakan air di sungai.Apabila terjadi banjir, pesannya, segeralah meminta bantuan kepada Tagana atau BPBD Singkawang untuk dilakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Dan jagalah anak-anak supaya tidak bermain di tempat yang berbahaya seperti sungai," pesannya. Karena selain rawan tenggelam atau hanyut terbawa arus air, juga yang patut diwaspadai apabila terjadi luapan air khususnya kepada warga yang tinggal di pinggir sungai.

"Harus berhati-hati karena di sungai kita masih ada buayanya yang sampai saat ini masih belum dapat ditangkap," katanya. (MC. Singkawang/Eyv)