Martapura, infoPublik – Kabupaten Banjar dicanangkan sebagai wilayah bebas korupsi. Seluruh komponen baik Pemerintah Daerah, kepolisian, kejaksaan, TNI, Pengadilan Negeri, Kementerian Agama medeklarasikan zona bebas korupsi, di Mapolres Banjar, Senin (28/5).

Guna mempertegas pelaksanaan komitmen bersama zona bebas dari korupsi ini, semua pihak membubuhkan tanda tangannya, tanda mendukung komitmen tersebut.

Bupati Banjar yang turut membubuhkan tanda tangannya mengharapkan dengan deklarasi wilayah bebas korupsi serta wilayah birokrasi bersih dan melayani ini, maka pelaksanaan pembangunan semakin baik.

“Insyaallah jika zona bebas korupsi bisa dilaksanakan, maka tujuan kita mewujudkan Kabupaten Banjar Sejahtera dan Barokah, bisa direalisasikan,” ujarnya.

Dia meyakini, dengan adanya pencanangan wilayah bebas korupsi ini, maka tindak pidana korupsi di Kabupaten Banjar akan bisa dihindari.

Kepolisian Resort Banjar sebagai salah satu leading sektor suksesnya komitmen bersama ini, akan menjadi bagian utama dalam penegakan komitmen.

Menurut Kapolres Banjar AKBP Takdir Matanette, kepolisian tidak hanya melakukan penindakan namun lebih mengedepankan pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi. “Penting memang untuk mencegah korupsi baik di dalam institusi, maupun di luar institusi,” ujar dia.

Dia berharap, dengan adanya pencanagan zona bebas korupsi ini, maka wilayah Kabupaten Banjar akan betul-betul benas dari tindak pidana korupsi. Dia meyakini, tujuan tersebut akan berhasil dengan peran serta dan kerjasamna seluruh elemen. (MC-Kominfo-Kab.Banjar/dani/eyv)