Bupati Pangkep Kunjungi Korban Kebakaran di Pulau Podang-podang

:


Oleh MC KAB PANGKAJENE DAN KEPULAUAN, Minggu, 27 Mei 2018 | 04:41 WIB - Redaktur: Tobari - 814


Pangkep, InfoPublik -- Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Pulau Podang podang Desa Mattiro Dolangeng, Kecamatan Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, provinsi Sulawesi Selatan tujuh unit rumah korban.

Kebakaran yang terjadi Kamis (24/5), menghanguskan sepuluh unit rumah warga. Tujuh di antaranya ludes rata dengan tanah sementara sisanya mengalami rusak berat. Penyerahan bantuan ini dilakukan Syamsuddin saat menggelar safari ramadan diwilyah kepulauan. 

Hadir juga Ketua DPRD Pangkep Andi Ilham Zainuddin, dan Sekda Pangkep Andi Yathrib Pare serta pimpinan OPD lingkup Pemkab Pangkep. Bantuan yang diserahkan ini merupakan bantuan logisntik dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Pangkep.

Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Dinas Sosial Kabupaten Pangkep, Muhammad Amri Yunus mengatakan jenis bantuan yang diserahkan ini merupakan bantuan penanganan dasar korban bencana.

"Item bantuan yaitu,tenda, tikar, selimut. set family kid ware, set food ware, makanan siap saji.(makanan kalengan), beras dan  indomie ," ujarnya melaui pesan singkat.

Menjadi kendala jika terjadi kebakaran di wilayah kepulauan karena tidak ada armada pemadam  kebakaran di semua pulau. Sehingga warga dengan alat seadanya mencari sumber air di sunur atau di tepi pantai untuk meredahkan kebakaran itu.

Menurut Ny. Aminah,  warga lokal, kejadian itu sangat cepat dan untungnya angin tidak bertiup kencang. Ratusan warga dibantu petugas Damkar mendatangi kejadian dan membantu dengan ember untuk menyiram api.  Api baru dapat dipadamkan dua jam kemudian. (subhan/Mcpangkajene/toeb)