Distanak Siak Jamin Stok Daging, Aman

:


Oleh MC PROV RIAU, Minggu, 27 Mei 2018 | 19:10 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 852


Siak, InfoPublik - Selama bulan Ramadan dan jelang Lebaran Idul Fitri 2018,  Dinas Peternakan dan Perikanan (Distanak) Kabupaten Siak, Provinsi Riau menjamin kecukupan stok daging potong sapi dan ayam. Untuk itu masyarakat Kabupaten Siak tidak perlu khawatir akan kekurangan daging segar dan ayam.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siak Susilawati ketika ditanya terkait kebutuhan daging sapi bagi masyarakat Kabupaten Siak. "Kebutuhan daging segar sapi dan ayam potong selama Ramadan dan Idul Fitri melebihi stok yang tersedia.Kita pastikan aman tahun ini," ujar Kepala Distanak Siak Susilawati, Jumat (25/5/2018) di Siak.

Distanakan Kabupaten Siak sendiri menyediakan stok populasi sebanyak 2300 ekor sapi. Namun kebutuhan akan daging segar selama Ramadan dan hari raya Idul Fitri diperkirakan 350 ekor sapi atau setara dengan 66,5 ton.

Dari jumlah  populasi 2300 sapi yang disediakan, lanjut Susilawati, sebanyak 245 ekor berasal dalam Kabupaten Siak dan 105 dari luar daerah. Juga ditambah ayam potong jenis kampung dan broiler merupakan pola kemitraan dengan peternak seperti di Kecamatan Minas, Kandis ,serta Tualang..

Susilawati menyebut untuk harga daging di pasar memasuki bulan Ramadan telah naik dari laporan staf dilapangan. "Saat ini daging sapi segar telah mencapai Rp30.000 perkilogram. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan daging," ungkapnya.(nin/mcr/TR)