Lumajang, InfoPublik - Untuk mendorong percepatan pengentasan kemiskinan, berbagai upaya dilaksanakan Pemerintah, salah satunya melalui sektor pertanian. Kementerian Pertanian membuat langkah baru dengan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BKRS) yang merupakan program pengentasan kemiskinan berbasis pertanian.

Program BKRS secara keseluruhan akan digelar di 1.000 desa di 100 Kabupaten se-Indonesia dengan tiga tahapan yaitu Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang. 

Kabupaten Lumajang menjadi salah satu kabupaten terpilih sebagai sasaran roadshow Program BKRS yang dilaksanakan pada Kamis (24/5), bertempat di Dusun Karangrejo Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman hadir secara langsung dalam roadshow tersebut.

Mentan menjelaskan, Program BKRS merupakan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat. Program ini fokus pada peningkatan pendapatan dan daya beli mayoritas rumah tangga miskin yang bekerja pada sektor pertanian maupun informal. 

Program ini bersinergi dengan Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Desa (Kemendes), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Pemerintah Daerah.

Kita semua tahu, angka kemiskinan kita sudah turun, namun kita ingin mempercepat penurunannya itu, sekarang 10.12, kita ingin dalam waktu singkat sudah satu digit, turun dibawah 10.

"Sehingga Kementerian Pertanian mengambil bagian, kita ingin berkontribusi bersama Kemensos, BUMN, Kemendes, kita bergandengan tangan untuk menurunkan kemiskinan di desa,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Mentan memberikan sejumlah bantuan berupa kambing, bibit ayam, bibit pohon mangga dan bibit sayuran. Bantuan bibit ayam sebanyak 600.000 ekor, nantinya setiap rumah tangga akan mendapatkan 50 ekor ayam beserta kandangnya lengkap dengan bantuan pakan ternak selama 6 bulan secara gratis.

”Apabila hewan ternak yang telah diberikan dikelola dengan baik, kami yakin akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat miskin," ujarnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Lumajang, Buntaran Suprianto menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang disalurkan Kementerian Pertanian RI kepada Kabupaten Lumajang. Plt. Bupati optimis Program BKRS tersebut akan membawa dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani Lumajang.

Program BKRS ini baik sekali karena masyarakat Lumajang sebagian besar adalah petani, peternak yang sudah terbiasa memelihara ternak ayam, itik serta kambing dan domba seperti di sekitar rumah-rumah yang kita kunjungi ini.

"Oleh karena itu, kami selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang menyampaikan terima kasih atas program dan bantuan yang dialokasikan di Kabupaten Lumajang, dan akan kami kawal dan laksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Plt. Bupati. (MC Kab. Lumajang/toeb)