Revitalisasi Masjid Raya Lima Kaum Mendesak

:


Oleh MC KAB TANAH DATAR, Kamis, 24 Mei 2018 | 09:35 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 544


Tanah Datar, InfoPublik - Revitalisasi Masjid Raya Nagari Lima Kaum sudah mendesak, pasalnya kondisi tiang masjid cukup memprihatinkan, di samping itu Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berkeinginan untuk mengembalikan bentuk asli dari jendela masjid Ini.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi selaku Ketua Tim 1 Safari Ramadhan, Selasa (22/5) dihadapan Jamaah Mesjid Raya Lima Kaum.

Menurutnya, sebagai salah satu cagar budaya dan peninggalan bersejarah di Kabupaten Tanah Datar, masjid yang juga disebut Masjid Tuo Lima Kaum haruslah dipertahankan keasliannya, untuk itu pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan Balai Peninggalan dan Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat serta tokoh masyarakat setempat 

“Saat ini kita melihat jendela ini sudah di-“permodern” sehingga mengurangi bentuk asli dan  nilai sejarahnya, untuk itu kita akan mengembalikan seperti kondisi semula,”jelasnya.

Sebagai tindak lanjut dari keinginan Ini lanjut Irdinansyah Tarmizi, pihaknya menugaskan Kabag Kesra untuk mengajukan anggaran Revitalisasi Masjid Tuo Lima Kaum ini.

Lebih lanjut Irdinansyah Tarmizi juga mengungkapkan, pembangunan di kabupaten Tanah Datar telah menunjukan peningkatan yang memuaskan, hal ini dibuktikan dengan raihan penghargaan yang diperoleh oleh Pemerintah dalam penilaian Pelayanan Publik terbaik di Sumbar dan Kinerja Pemerintah  terbaik Sumbar.

“Prestasi ini merupakan hasil dari dukungan yang luar biasa dari seluruh warga Tanah Datar, dan kami berharap dukungan seperti ini terus diberikan kepada kami sehingga apa yang kita cita-citakan terwujud dengan baik dan lancar,” harapnya.(MC.Kab.Tanah Datar/Eyv)