Agam, InfoPublik - Tim II Khusus Safari Ramadhan (TKSR) Kabupaten Agam mengunjungi Masjid Syukra Lukok, Jorong Batang Salasiah, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Rabu (23/5). Kunjungan ini dilakukan untuk mempererat silaturahim dan menjemput aspirasi masyarakat.

Tim yang dipimpin Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah itu, beranggotakan 10 orang, yang berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Masyarakat Jorong Batang Salasiah antusias menyambut kedatangan tim, dan melaksanakan buka puasa bersama, shalat Maghrib dan Isya berjamaah di Masjid tersebut.

Dengan tingginya partisipasi masyarakat, Trinda Farhan Satria menuturkan ucapan terimakasihnya kepada masyarakat Jorong Salasiah, yang telah menyambut kedatangan Tim II Khusus Safari Ramadhan yang di ketuainya itu.

Dikatakannya, tim datang ke Masjid Syukra Lukok Jorong Salasiah, dalam rangka mempererat silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat di bulan Ramadhan, sekaligus menjemput aspirasi masyarakat sehingga berbagai OPD di hadirkan dalam kunjungan tersebut.

"Di samping silaturahim ada informasi yang harus disampaikan, bahwa Pemkab Agam komit mejalankan pembangunan. Tahun 2018 khusus Kecamatan Canduang dianggarkan lebih kurag Rp70 miliar untuk peningkatan pembangunan," ujarnya.

Dari besaran anggaran itu, salah satu prioritas yang dibangun adalah jalan Simpang Bukik Batabuah sampai Simpang Canduang, tentu pembangunannya butuh dukungan masyarakat agar lebih cepat selesainya.

Selain pembangunan, Pemkab Agam juga konsisten membangun jiwa masyarakat Agam melalui pendidikan, adat, agama dan lainnya. Untuk mencapai hal itu, Pemkab Agam sudah menggulirkan Gerakan Nagari Madani, bahkan Bukik Batabuah dinobatkan sebagai terbaik pertama tahun 2017 dalam pelaksanaan program itu.

Menurut Trinda, Ramadhan moment paling tepat untuk mempercepat capaian tujuh kriteria dan 45 indikator gerakan Nagari Madani. Salahsatu indikator di dalamnya adalah membaca Al-Qur'an.

"Indikator itu akan membuat masyarakat kembali akrab dengan Al-Qur'an dan perbanyaklah berintegrasi dengan Al-Qur'an. Di samping tempat beribadah, jadikan pula masjid sebagai pusat kegiatan sosial masyarakat, pusat pendidikan dan lainnya," ujarnya mengajak.

Dalam kunjungan itu, Trinda Farhan Satria juga menyalurkan bantuan secara simbolis kepada pengurus Masjid Syukra Lukok sebesar Rp10 juta, dan dananya dikirim melalui rekening masjid setelah segala administrasinya selesai.  (mc-agam/toeb)