Tetap Waspada Dalam Membeli Pabukoan

:


Oleh MC KOTA PADANG, Selasa, 22 Mei 2018 | 19:27 WIB - Redaktur: Tobari - 210


Padang, InfoPublik—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati, dan jeli dalam membeli makanan dan minuman berbuka puasa atau “pabukoan”. Kewaspadaan harus tetap ditingkatkan guna mengantisipasi pabukoan yang berbahaya bagi kesehatan.

“Masyarakat harus pintar dalam memilih menu pabukoan. Jangan sampai ibadah puasa menjadi terganggu, akibat salah memilih pabukoan,” ujar Kepala Dinkes Kota Padang Feri Mulyani, Selasa (22/5).

 Dikatakan Feri, Dinkes Kota Padang akan bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) melakukan sidak ke berbagai pasar dan tempat yang menjual pabukoan.

 “Biasanya selama sidak akan ditemukan pabukoan yang kedaluwarsa dan yang mengandung pewarna buatan. Bahkan tidak jarang pula ditemukan makanan yang mengandung borak dan formalin,” jelas Feri.

 Nantinya, jika ditemukan penjual pabukoan yang melanggar aturan, maka akan segera ditindaklanjuti. BBPOM akan menyita produk yang bersangkutan, sedangkan Dinkes akan melalukan pembinaan terhadap penjual tersebut.

 Jika ingin membeli pabukoan, jangan membeli yang warnanya terlalu terang. Dikhawatirkan makanan itu mengandung pewarna buatan yang berbahaya bagi kesehatan.

 Menu berbuka yang tidak sehat, sebut dia, dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Seperti diare, disentri, kolera, serta gangguan pencernaan lainnya. Anak-anak dan lansia akan lebih mudah terkena dampaknya.

 Ia  mengajak masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah selama Ramadan. Selain itu masyarakat juga diminta jangan terlalu berlebihan dalam menyantap menu berbuka puasa. “Segala yang berlebihan itu hasilnya tidak akan baik,”katanya. (mcPadang/Wina/toeb)