Bantuan Kepada Anak Yatim Piatu dan Dhuafa

:


Oleh MC KAB LUMAJANG, Selasa, 22 Mei 2018 | 13:51 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 1K


Lumajang, InfoPublik – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, khususnya anak yatim piatu dhuafa untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439H, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur mengajak masyarakat Lumajang untuk mengikuti kegiatan menjadi Orang Tua Asuh Sehari (OASE).

Ketua BAZNAS Kabupaten Lumajang Affandi Latief mengatakan, bahwa BAZNAS Kabupaten Lumajang mengajak para donatur untuk menyetorkan dana kemanusiaan yang kemudian digunakan oleh sejumlah anak yatim untuk membeli baju lebaran, didampingi oleh para donatur sebagai orang tua asuh yang dilakukan dalam waktu sehari.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan surgawi di bulan ramadan. Sebab Rasulullah berjanji bahwa siapapun yang menyayangi anak yatim piatu dhuafa jaminannya surga dan berdekatan dengannya seperti jari kelingking dan jari tengah.

"Ini adalah kegiatan surgawi, karena kita sebagai umat Islam memang diperintah untuk menyayangi anak-anak yatim piatu dhuafa. Semoga, siapapun yang memberikan kontribusi dalam kegiatan ini semakin dekat dengan surganya Allah subhanahu wa ta'ala," ujar Ketua BAZNAS Affandi Latief di kantornya, Selasa (22/5).

Disamping itu, Affandi menambahkan, adapun ketentuan yang nantinya akan dilakukan oleh para calon orang tua asuh sehari ini, diantaranya memberikan shadaqah sebesar Rp300 ribu per anak yatim piatu dhuafa. Khusus diperuntukan untuk belanja kebutuhan menghadapi puasa dan lebaran, melakukan kegiatan berbelanja bersama anak yatim piatu dhuafa ke toko muslim yang telah bekerja sama dengan BAZNAS Kab. Lumajang, dan mengisi form kesediaan mengikuti program OASE.

Dia juga menambahkan, untuk pembayaran shadaqah dimulai tanggal 17 Mei 2018 hingga 4 Juni 2018, dengan melakukan pembayaran tunai melalui Kantor BAZNAS Lumajang di Jalan Alun-alun Barat No. 1 Lumajang, atau pembayaran juga dapat dilakukan melalui transfer ke nomor rekening Infaq Bank Jatim Syariah : 7092000090 (A.n BAZNAS Lumajang) atau nomor rekening Infaq Bank Syariah Mandiri : 7099896321 (A.n BAZNAS Lumajang).

“Para Calon Orang Tua Asuh Sehari diharapkan untuk melakukan konfirmasi kepada BAZNAS Kab. Lumajang melalui Nomor Telp. 085230855123 atau 082338872485, apabila sudah melakukan pembayaran Shadaqah kepada anak yatim melalui rekening,” imbuhnya.

Affandi juga menyampaikan, bahwa untuk pelaksanaan belanja bersama anak yatim piatu dhuafa akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2018 dimulai pukul 14.00 WIB. Dan setelah pelaksanaan belanja, calon orang tua asuh sehari dan anak yatimnya diajak untuk melakukan buka puasa bersama dengan BAZNAS Kabupaten Lumajang yang bertempat di Pendopo Lumajang. (MC Kab. Lumajang)