Wagub DKI ke Brebes, Pastikan Pasokan Bawang Merah Lancar

:


Oleh G. Suranto, Sabtu, 19 Mei 2018 | 20:41 WIB - Redaktur: Juli - 513


Jakarta, InfoPublik – Untuk memastikan stabilitas pasokan bawang merah ke Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersama Cluster BUMD Pangan (PD Pasar Jaya dan PT Food Station Tjipinang Jaya) menggelar kunjungan ke sentra produksi petani bawang di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Sabtu (19/5).

Turut serta dalam kunjungan tersebut Kepala BPBUMD DKI Yurianto, Kepala Biro Perekonomian DKI Sri Haryati, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan DKI Mujiati, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, Sekretaris Dewan Pengawas PD Pasar Jaya, Mardani Nasir, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi, dan sejumlah pedagang bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, dalam kunjungan kerja tersebut, ingin memastikan pasokan bawang merah untuk warga Jakarta terjamin dan lancar. Selain itu juga ingin melihat secara langsung rantai distribusi yang selama ini seringkali menjadi penyebab lonjakan harga.

“Kami ingin ke depan ada kerja sama yang lebih baik antara Pemerintah Provinsi DKI melalui BUMD Pangannya dengan Kelompok Tani setempat untuk menjamin pasokan yang terkendali dan rantai distribusi yang lancar, sehingga harga bisa stabil dan menguntungkan semua pihak,” kata Sandi.

Disebutkan, dengan bertemu langsung kelompok tani setempat dan berdialog dengan Pemerintah Kabupaten Brebes, Sandiaga berharap bisa mendesain kebijakan sederhana yang terbuka dan berkeadilan untuk petani, pedagang dan juga warga Jakarta sebagai konsumen akhir.

Ada pun rencana kebijakan itu antara lain mulai menjajaki contract farming dengan pihak Pemerintah Kabupaten Brebes dan pegiat bawang merah di daerah tersebut. Selain itu juga menambah mesin CAS yang ada di Pasar Induk Kramat Jati dari kapasitas 60 ton menjadi 300 ton.

“Prinsipnya kita nggak ingin harga anjlok, karena petani akan kesulitan dan di Jakarta akan kekurangan pasokan,” pungkasnya.