Sumenep, InfoPublik - Secara umum ketinggian gelombang di Laut Jawa bagian Timur dan Perairan Kepulauan Kangean sejak tanggal 16 Mei 2018 berkisar 2.0 - 2.5 meter, dan di Selat Madura antara 0.5 - 1.0 meter. 

Namun berdasar rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Rabu (16/5) hari ini, ada tendensi penurunan ketinggian gelombang pada tanggal 18 Mei (Jum'at besok) hingga 22 Mei 2018 mendatang. 

"Diperkirakan ketinggian gelombang berangsur-angsur menurun alias kondusif, berkisar antara 1.0 - 1.5 meter. Di Selat Madura tetap mencapai 1.0 meter," kata Kepala BMKG Kalianget, Usman Kholid melalui stafnya, H. Moh. Faqih pada Media Center, Rabu (16/5). 

Sementara untuk prakiraan cuaca hari ini hingga Kamis (17/5), hujan Ringan hingga Sedang berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian timur, Perairan Kepulauan Masalembu dan Perairan Kepulauan Bawean. 

Arah angin dominan dari arah Timur-Tenggara. Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 25 knot (45 kilometer/jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim adalah 28 knots (50 kilometer/jam). 

Tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur seperti disebut di muka hingga 2.5 meter, dan di Samudera Hindia selatan Jatim antara 1.5 - 3.5 meter. 

"Diimbau mewaspadai tinggi gelombang 2.5 meter di Laut Jawa bagian timur, Perairan Kepulauan Masalembu dan Perairan Kepulauan Kangean, dan tingggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan sebelah selatan Jatim dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur, " kata Faqih. ( Farhan/Fer/toeb)