Sumenep, InfoPublik - SMK Al-Karimiyah Sumenep sebagai salah satu lembaga yang ditunjuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk melaksanakan Pelatihan Kurikulum Tahun 2013 (K-13) agar merata di semua lembaga pendidikan di Sumenep. 

Kepala SMK Al-Karimiyah Sumenep Fendi Susanto mengatakan, lembaganya menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai penyelenggara pelatihan Kurikulum 2013 lokus Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. 

“Program dengan bantuan pemerintah ini diharapkan seluruh lembaga pendidikan di Sumenep nantinya juga menerapkan K-13 dalam sistem pembelajarannya.” ungkapnya, Rabu (16/5). 

Penerapan Kurikulum Tahun 2013 (K-13) menjadi kewajiban yang dicanangkan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sebagai pedoman pembelajaran saat ini.

Dengan kurikulum K-13, menurut Fendi, diharapkan siswa tidak lagi menjadi objek tetapi menjadi subjek pendidikan itu sendiri. Sehingga penerapan K-13 penting dilaksanakan di semua lembaga pendidikan, karena merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter. 

“Di sini siswa dituntut paham materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi.” katanya. 

Sementara itu, pelatihan K-13 tujuannya untuk membantu para tenaga pendidik memahami dan mengaplikasikan K-13 di lembaga pendidikannya masing-masing. Sedangkan pelaksanaan Pelatihan K-13 fokus di Kabupaten Sumenep diikuti 15 lembaga pendidikan, dengan 107 peserta di SMK Al-Karimiyah Desa Braji Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. ( Ren/Fer/toeb )