Rukyatul Hilal Di Padang Belum Tampak

:


Oleh MC KOTA PADANG, Rabu, 16 Mei 2018 | 06:37 WIB - Redaktur: Tobari - 451


Padang,InfoPublik - Kementerian Agama wilayah Sumatera Barat, melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk penetapan awal Ramadhan 1439 Hijriah di Gedung Kebudayaan Sumbar Jalan Diponegoro Padang, Selasa (15/5).

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Hendri, disela kegiatan menyebutkan, posisi hilal belum terlihat dalam pengamatan atau rukyatul hilal yang dilakukan di lantai 4 Gedung Kebudayaan Sumbar. 

“Hilal tak terlihat dititik pengamatan kami. Hal ini sesuai dengan perhitungan hisab yang menyebutkan posisi hilal masih berada di angka -2 hingga -1 derajat atau di bawah ufuk.” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan hasil dari rukyatul hilal petang ini akan disampaikan kepada tim dalam sidang isbat oleh Kementerian Agama di Jakarta.  

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono menjelaskan, sejak awal pihaknya memang sudah memprediksi hilal belum bisa terlihat, bahkan dalam cuaca cerah sekalipun.

“Rencananya, kami akan kembali melakukan pengamatan hilal atau rukyatul hilal pada Rabu (16/5) besok, untuk memastikan 1 Ramadan 1439 bisa dimulai pada Kamis (17/5). Besok Rabu hilal sudah 12 derajat dan dipastikan Kamis lusa puasa,” ungkapnya.

Pengamatan hilal ini dihadiri koordinator BMKG Sumbar, Kanwil Kemenag Sumbar, Ketua Pengadilan Agama Sumbar, Ketua MUI Sumbar, dan Ormas Islam se-Provinsi Sumbar. (McPadang/Putra/toeb)