Kuota Mudik Gratis Dengan Kapal Ro-Ro Masih Tersedia Banyak

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 15 Mei 2018 | 18:07 WIB - Redaktur: Juli - 236


Jakarta, InfoPublik - Kuota mudik gratis menggunakan kapal Ro-Ro yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hingga Selasa (15/5) masih terbuka lebar bagi calon pendaftar. 

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, jumlah pendaftar mudik hingga kini belum mencapai separuh dari kuota yang disediakan. 

"Kami sediakan kapal Ro-Ro untuk mudik gratis, ini masih banyak kuotanya, belum banyak terisi, baru sekitar 30 persen dari kapasitas yang tersedia. Oleh karena itu kami masih membuka pendaftaran mudik gratis menggunakan kapal Ro-Ro ini," ujar Dirjen Budi dalam konferensi pers yang di gelar di Jakarta, Selasa (15/5).

Lebih lanjut Dirjen Budi menjelaskan  dalam penyelenggaraan mudik gratis Angkutan Lebaran 2018 ini, pihaknya menyediakan tiga kapal Ro-Ro untuk mengangkut penumpang ke beberapa rute, yaitu Jakarta -Semarang, Jakarta-Lampung dan Jakarta-Surabaya.

Menurut Dirjen Budi, setiap kapal yang disediakan mampu mengangkut penumpang sebanyak 2.000 orang dengan kapasitas kendaraan bermotor mencapai 1.000 kendaraan. Dengan demikian, total kapasitas yang mampu diangkut kapal sebanyak 6.000 orang dan 3.000 motor.

"Memang biasanya pemudik mulai mendaftar yang via laut setelah yang darat seperti kereta api dan bus sudah habis. Untuk itu, kami terus mensosisalisasikan mudik menggunakan kapal Ro-ro ini. Mulai dari di pusat-pusat perbelanjaan hingga ke komplek-komplek industri," ujarnya.

Adapun untuk lokasi pendaftarannya, dapat dilakukan di kantor dan mengunjungi situs Kementerian Perhubungan.

"Banyak keunggulan yang ditawarkan untuk mudik dengan menggunakan kapal Ro-Ro ini. Selain bisa menikmati suasana yang berbeda dalam perjalanan, pemudik juga bebas dari macet," tutupnya.