Aplikasi SIMDA Pendapatan Diekspos

:


Oleh MC KAB TABALONG, Selasa, 15 Mei 2018 | 15:11 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 384


Tanjung, InfoPublik – Disela coffe morning jajaran SKPD, bertempat di Aula penghulu Rasyid, Senin (14/5), Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Tabalong bersama dengan Bank Kalsel cabang Tanjung mengekspos aplikasi host to host SIMDA Pendapatan. Surawan, Sekteratis BP2RD Kabupaten Tabalong, mengatakan bahwa aplikasi yang berbasis web ini berguna untuk menginput data-data yang berkaitan dengan retribusi dan pendapatan daerah seperti yang tengah berjalan saat ini yaitu, pajak bumi dan bangunan serta retribusi pasar.

Dalam proses pembuatannya BP2RD menggandeng BPKP RI perwakilan Kalimantan Selatan dan Bank Kalsel Cabang Tanjung, dimana nantinya akan terintegrasi dengan semua data yang berkaitan dengan keuangan daerah.

“Terutama dengan SIMDA Keuangan yang dikelola oleh BPKAD”, ujar Surawan.

Disamping itu, menurutnya dengan adanya sistem ini, akan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik yag berkaitan dengan pajak dan retribusi.

“Masyarakat kan bisa lebih percaya bahwa dana yang mereka bayar untuk pajak dan retribusi ini betul-betul sudah masuk ke kas umum daerah,” kata Surawan.

Sementara itu, Zony Alfianoor, Plt. Bupati Tabalong yang juga berhadir dalam ekspos tersebut menyambut baik dengan adanya SIMDA Pendapatan tersebut. Ia menilai dengan adanya sebuah aplikasi atau sistem yang lebih transparan dan efisien, akan lebih mudah diawasi baik masyarakat maupun pejabat terkait.

“Karena aplikasi ini akan leibh efisien dan efektif, ditambah tingkat pengendaliannya sangat tinggi,” kata Zony.

Zony juga mengharapkan seluruh SKPD terkait, untuk mendukung dalam pengunaan SIMDA Pendapatan ini nantinya. (MCT/Gilang).