Menkominfo Tinjau Pembangunan Jaringan Kabel Serat Optik di Singkawang

:


Oleh MC KOTA SINGKAWANG, Selasa, 15 Mei 2018 | 15:21 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 365


Singkawang, InfoPublik - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara meninjau pembangunan Palapa Ring Barat di titik landing spot tepatnya di kota Singkawang, Senin (14/5/2018). Tujuannya, ingin memastikan pembangunan jaringan kabel serat optik bawah laut paket barat ini rampung sesuai jadwal yang diperkirakan, yaitu akhir tahun 2018.

Rudiantara mengatakan bahwa Palapa Ring Barat terletak di beberapa titik yakni di Sumatera Daratan, Batam, Anambas, Natuna dan berakhir di Kota Singkawang Kalimantan Barat. Manfaat pembangunannya, kata Rudiantara, mengurangi wilayah-wilayah yang tidak terjangkau jaringan komunikasi atau internet (blankspot, red).

“Dengan beroperasinya Palapa Ring Barat ini maka kedepannya dapat mengurangi areal Blankspot,” ungkapnya saat meresmikan Media Center Kota Singkawang di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika, Senin (14/5/2018).

Sementara itu Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi atas apa yang dilakukan Kominfo RI yang telah membangun jaringan serat optik Palapa Ring Barat yang salah satu titiknya ada di kota Singkawang.

“Semoga pembangunan jaringan Palapa Ring Barat ini berdampak positif bagi masyarakat terutama dalam meningkatkan partisipasi masyarakat mengakses internet,” ungkapnya.

Bahkan Wali Kota Singkawang secara khusus berharap agar adanya pembangunan Palapa Ring Barat ini akan memudahkan masyarakat kota Singkawang mendapatkan jaringan telekomunikasi. Sehingga masyarakat dapat mengakses internet dengan maksimal dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan informasi masyarakat itu sendiri.

“Saya berharap dengan beroperasinya Palapa Ring Barat maka di kota Singkawang tidak ada lagi Blank spot,” jelasnya.

Beroperasinya Palapa Ring Barat, lanjut Wali Kota, dapat membantu pemerintah kota Singkawang dalam mewujudkan Smart City yang tentu saja membutuhkan akses layanan telekomunikasi yang maksimal. “Ini akan bermanfaat bagi kita memanfaat IT demi kelancanaran layanan pemerintah kepada masyarakat,” jelasnya.

Karena bagi dirinya selaku Wali Kota, kata dia, berguna dalam rangka memonitor kinerja aparat yang ia pimpin terutama di kelurahan-kelurahan. “Jadi IT ini sangat penting dan bermanfaat. Salah satunya sangat bermanfaat dimana saya bisa memantau kinerja kelurahan kelurahan menggunakan CCTV di ruang kerja saya,” katanya. (MC. Singkawang/Vhutra/TR)