Bupati Sleman: Perlu Ada Edukasi Tentang ArsipUntuk Anak Didik

:


Oleh MC KAB SLEMAN, Selasa, 15 Mei 2018 | 10:53 WIB - Redaktur: Kusnadi - 332


Sleman, InfoPublik - Bupati Sleman Sri Purnomo menilai arsip merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun. Oleh karena itu, ia menghimbau demi tercapainya  pengelolaan arsip yang baik, perlu adanya edukasi  arti pentingnya arsip kepada anak didik sejak dini sehingga untuk menjaga sejarah.

“Arsip yang terkelola dengan baik tentu akan bermanfaat sebagai sumber ilmu pengetahuan untuk dipelajari oleh masyarakat yang akan datang,” kata Sri Purnomo dalam acara peringatan Hari Kearsipan ke-47 sekaligus mengayubagya Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-102,  di halaman Depan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman (11/5)

Dalam rangka itu pula, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan lomba deskripsi arsip foto bagi pelajar SMP/MTs yang diikuti oleh 200 orang peserta.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi menyampaikan kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arsip..

Ayu Laksmidewi menyampaikan bahwa kegiatan yang bertemakan “Arsip Sumber Informasi Autentik dan Terpercaya” tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pengelolaan arsip di masyarakat. 

Ia menghimbau dengan tercapainya pengelolaan arsip yang baik maka masyarakat telah berupaya menghimpun pengetahuan dan pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba dan penyerahan hadiah Lomba Deskripsi Arsip Foto. Juara Pertama diraih oleh Nur Lala Septiana dari SMP 3 Berbah dengan hadiah tropi dan uang pembinaan sebesar Rp2.000.000, juara kedua  Lulu Nurcholidah dari SMP 2 Ngaglik, meraih tropi dan uang pembinaan sebesar Rp1.500.000, dan juara ketiga Aisyah Khoirunisa dari SMP 3 Berbah dengan meraih tropi dan uang pembinaan sebesar Rp1.250.000.

Pada kesempatan itu,  dilakukan penyerahan hadiah Lomba Tertib Arsip Antar Perangkat Daerah se-Kabupaten Sleman yang diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Lomba Tertib Arsip Tingkat Pemerintah Desa yang diraih oleh Desa Gayamharjo, danLomba SDM Kearsipan Perangkat Daerah se-Kabupaten Sleman yang diraih oleh Budi Wahyono dari Staf Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.(MC Kab. Sleman/Kus)