UNP Gelar Seminar Internasional Kuliner Dan Busana

:


Oleh MC KOTA PADANG, Sabtu, 12 Mei 2018 | 10:22 WIB - Redaktur: Tobari - 499


Padang, InfoPublik - Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Fakultas Pariwisata dan Perhotelan menggelar seminar internasional di bidang kuliner, busana kecantikan dan pariwisata, untuk memperkenalkan temuan-temuan baru, hasil penelitian di bidang kuliner, tata busana, kecantikan dan pariwisata. 

Kegiatan yang menghadirkan banyak pakar, dan dosen dari 13 program bidang studi dari seluruh wilayah Indonesia, berlngsung  selama dua hari, Jumat (11/5) dan Sabtu (12/5) di Auditorium UNP.

Rektor UNP Ganefri mengatakan, kegiatan itu, merupakan suatu wadah bagi para peneliti memperkenalkan temuan-temuan baru, hasil penelitian di bidang kuliner, tata busana, kecantikan dan pariwisata. Selain itu juga dijadikan sebagai ajang bertukar pikiran secara langsung terhadap kemajuan industri di bidang tersebut.

“Kita harapkan melalui penelitian itu, permasalahan yang ada di tengah masyarakat dapat diatasi. Hasil penelitian tersebut dapat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, mengurangi dampak terhadap lingkungan serta mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan,”ujar Ganefri saat membuka International Conference on Culinary Fashion, Beauty and Tourism, Jum'at (11/5).

Selain itu, dari kegiatan tersebut bisa dijadikan oleh dosen untuk peningkatan mutu, kualitas bagi lulusan dari tiga bidang studi itu. Dosen diharapkan dapat mengubah pola pikir dari mahasiswa tiga program studi tersebut, setelah lulusnya dapat menjadi pembuka lapangan pekerjaan. Bukan sebagai pencari pekerja, karena mereka sudah dibekali dengan keterampilan.

“Kalau kita lihat tiga program studi itu yakni kuliner, tata busana, kecantikan dan pariwisata sangat dibutuhkan saat ini. Peluang usahanya sangat besar,”katanya.

Ditambahkan Ganefri, untuk tahun ini, pihaknya menargetkan 18 seminar internasional bakal diadakan. Seminar kali ini merupakan yang keempat digelar UNP. 

Hal ini sesuai dengan visi UNP untuk menjadikan UNP sebagai word research university dan dapat memenuhi tujuan agenda dunia dalam mewujudkan sustainable development goals (SDG, s)  yang merupakan acuan dalam kerangka pembangunan negara negara di dunia.

Dalam seminar itu diundang para pakar dalam masing-masing bidang. Seperti Martha Tilaar peraih gelar doktor kehormatan dalam bidang fashion and artistry. 

Kemudian Profesor Kaye Chon dari Hongkong Politechnic University, Professor David Hind president of the asia pacific institute for event management, dan Salehuddin Mohd Zahari  dari faculty of hotel and tourism management university teknologi MARA. (mcPadang/Wina/Irwandi Rais/toeb)