Kapolda : Satgas Pangan Pantau Stabilisasi Stok dan Harga Sembako di Pasar

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Minggu, 13 Mei 2018 | 12:04 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 96


Surabaya, InfoPublik - Seminggu jelang puasa Ramadan 2018, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur gencar melakukan pemantauan stabilisasi stok dan harga sembako di pasar. Hal ini sebagai upaya memastikan tidak terjadi kondisi yang meresahkan masyarakat, khususnya terkait ketersediaan bahan pokok.

Hal itu ditegaskan oleh Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Machfud Arifin saat ditemui, Rabu (9/5/2018). "Untuk kondisi pangan jelang Ramadhan saat ini masih stabil dan aman. Namun jika ada penyimpangan atau masuknya makanan impor yang tidak sesuai prosedur akan kami tindak. Seperti kemarin ada barang masuk yang tidak sesuai prosedur ya kita tindak," tegasnya. 

Tak hanya itu, Machfud mengatakan bulan puasa biasanya memang rawan terjadi oplosan beras. Dalam hal ini, dia akan tegas melakukan penindakan pada oknum pula. "Ya nanti kalau ada yang melakukan oplosan beras ya kita tindak juga," ujarnya lagi.  

Sementara untuk mengawasi kecurangan oknum dalam hal pangan, Machfud mengatakan telah ada satuan penugasan yang terbentuk dari Mabes Polri untuk mengantisipasi hal ini. "Sudah ada satgas yang terbentuk secara nasional timnya dari Mabes Polri," ungkapnya. 

Kapolda meyakinkan, jika sampai saat ini harga kebutuhan pokok masih stabil, baik beras, minyak goreng, gula, maupun beberapa bahan sembako lainnya. Selain itu, ketersediaan sembako juga masih aman. "Sementara masih stabil, relatif aman," katanya.  

Tim Satgas Pangan juga akan turun langsung memantau di pasar pasar tradisional. Jika menemukan adanya penyimpangan, seperti penimbunan, maupun mempermainkan harga, Polda siap lakukan penindakan. “Pokoknya yang menyimpang kita tindak. Beberapa yang masuk yang tidak sesuai prosedur ya kita tindak, melakukan oplosan beras ya kita tindak," tegasnya.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/TR)