Majukan Prestasi Olahraga, Dispora Kerjasama dengan Unesa

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Jumat, 11 Mei 2018 | 09:53 WIB - Redaktur: Kusnadi - 314


Surabaya, InfoPublik - Guna terus memajukan prestasi keolahragaan di Jawa Timur, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur melakukan Penandatanganan kerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Gedung Dispora Jatim Rabu (8/5).

Ini adalah langkah tindak lanjut dari pesan Gubernur Jatim, Soekarwo, agar memanfaatkan potensi perguruan tinggi yang menangani bidang olahraga untuk kemajuan prestasi olahraga Jatim. Sebab prestasi bisa dicapai tentu melalui by design, artinya untuk mencapainya perlu adanya tata kelola olahraga yang baik dengan melibatkan perguruan tinggi.

Kadispora Jatim, Drs Supratomo MSi dikonfirmasi, Rabu (9/5) mengatakan, kerjasama ini mulai dilakukan pada hari Olahraga Nasional 2017 di GOR FIK Unesa.

Salah satu Perguruan Tinggi yang menangani keolahragaan yaitu Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Unesa  memiliki sumber daya manusia atau tenaga ahli keolahragaan yang mumpuni, serta peralatan atau sarana olahraga yang berstandar internasional.

Berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 50 tahun 2007 tentang tata cara pelaksanaan kerja sama daerah, dan Permendagri No 22/2009 tentang petunjuk teknis tata cara kerja sama daerah, selaku organisasi perangkat daerah yang melaksanakan teknis keolahragaan, Dispora menyusun konsep kerjasama kepada TKKSD (Tim Koordinasi Kerjasama Daerah) yang beranggotakan Biro Humas Protokol, Biro Hukum, Biro Kesejahteraan Sosial, Bappeda, BPKAD.

Tim ini membahas kerjasama dengan tim dari Unesa yang bertujuan terlaksananya pemanduan bakat dan prestasi olahraga berkebutuhan khusus dan olahraga pendidikan Jatim.

"Mengapa kami menyusun konsep kerjasama bidang olahraga, beberapa waktu yang lalu berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (POPNAS) di Semarang, Jateng, atlet Jatim peraih medali emas adalah atlet yang berlatih secara rutin di sebuah sentra keolahragaan serta mengikuti kejuaraan yang berjenjang, berkelanjutan dan berkesinambungan," ujarnya

Dengan dasar pemikiran seperti itulah Dispora Jatim  mulai membuat strategi pemenangan untuk Popnas mendatang di Papua.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-her/Kus)