Ketahanan Pangan Perlu Dicapai Agar NKRI Berdaulat

:


Oleh MC KAB BALANGAN, Rabu, 9 Mei 2018 | 15:50 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 364


Paringin, InfoPublik - Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1001/Amt-Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, meminta pemerintah dan masyarakat untuk mempertahankan capaian ketahanan pangan atau swasembada pangan, sesuai program pemerintah pusat.

Disampaikan, Letkol CPN Sundoro Agung Nugroho, Senin (7/5) di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, ketahanan pangan perlu dicapai agar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdaulat, tanpa adanya import beras, jagung, kedelai, dan hasil pangan yang lainnya. Masalah urusan perut, lanjutnya, merupakan hal utama karena banyak negara lain yang dikuasai oleh asing hanya karena kurangnya ketahanan pangan, yakni tidak bisa mencukupi kebutuhan pangannya.

Hal tersebut menyebabkan ketergantungan dengan negara asing, dan negara asing bisa mengendalikan dengan mudah.

"Kita disini sebagai TNI sangat mendukung program tersebut, karena itu merupakan upaya untuk mencapai stabilitas nasional. Jangan sampai karena kurangnya ketahanan pangan sehingga menyebabkan kondisi keamanan tidak stabil," tegasnya.

Untuk itu lanjutnya, mari kita ciptakan stabilitas nasional melalui ketahanan pangan dengan caraswasembada pangan. Termasuk dengan menciptakan lumbung-lumbung padi.

"Kedepan diharapkan yang mengendalikan ketahanan pangan secara nasional adalah badan Bulog, baik urusan penimbunan atau stock, pengendalian harga di pasaran, termasuk mencukupi kebutuhan secara nasional," imbaunya.

Peran Kabupaten Balangan sangat besar demi tercapainya swasembada pangan, karena dari Sabang sampai Merauke, tidak semua lahan bisa menghasilkan tanaman pangan. Ia mengajak dan mengimbau kepada para petani, agar bersama-sama terus mencapai swasembada pangan demi ketahanan pangan kabupaten bahkan secara nasional.

"Sedikit hasil panen bahan pangan akan sangat berarti jika diserap oleh Bulog, karena akan tersebar keseluruh penjuru negeri secara nasional, untuk itu mari bersama-sama untuk terus mempertahankan swasembada pangan yang terus tercapai di Kabupaten Balangan tercinta ini," pungkasnya. (MC Balangan/Roly/Me)