400 Pedagang Terdaftar di DPP untuk CFD

:


Oleh MC KOTA PEKANBARU, Selasa, 8 Mei 2018 | 09:28 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 263


Peknbaru, InfgoPublik -- Saat diperbolehkannya para pedagang menggelar lapaknya di area Car Free Day (CFD). Jumlah pedagang di area CFD semakin bertambah.

Lebih kurang saat ini terdapat 400 pedagang di areal Car Free Day (CFD) Pekanbaru, sepanjang Jalan Diponegoro Pekanbaru. Demikian disampaikan oleh Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru Suhardi, Senin (7/5).

Suhardi menuturkan, lebih kurang 400 pedagang di areal  CFD Pekanbaru seluruhnya telah mendaftar ke DPP Kota Pekanbaru.Namun dirinya menyatakan tidak menutup kemungkinan masih ada pedagang yang tidak terdata oleh DPP Kota Pekanbaru.

"Untuk saat ini yang terdata jumlahnya lebih kurang 400 an pedagang. Tapi bisa saja jumlahnya bertambah, karena setiap pekan minimal setidaknya ada 10 pedagang yang mendatangi Kantor DPP Kota Pekanbaru untuk meminta izin berjualan di areal CFD," jelas Suhardi.

Terus bertambahnya pedagang di areal CFD Pekanbaru ini tidak mampu ditekan oleh DPP Kota Pekanbaru. Selain belum mempunyai payung hukum, pembatasan pedagang juga akan menimbulkan kesan tebang pilih.

Bahkan Suhardi menyayangkan hingga saat ini tidak ada retribusi yang didapat dari pedagang, atau dalam hal ini Pendapatan Asli Daerah (PAD).Sebelumnyai, minat masyarakat Kota Pekanbaru mendatangi areal CFD sangat tinggi. Dibuka mulai pukul enam pagi hingga sembilan pagi, ribuan masyarakat berbondong-bondong mendatangi CFD.

Hal ini dimanfaatkan pedagang untuk berjualan. Berbagai macam dagangan dijajahkan. Mulai dari makanan hingga pakaian. Pedagang sendiri kini telah ditata di beberapa titik agar tidak mengganggu masyarakat yang ingin berolahraga. (Kominfo4pku/RD3/Eyv)