Mendikbud Ingatkan Posisi Strategis Guru Agama

:


Oleh MC KAB PIDIE, Senin, 7 Mei 2018 | 17:58 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 580


Sigli, InfoPublik - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Dr Muhadjir Effendy penguatan pendidikan agama berpengaruh dalam mempersiapkan generasi zaman sekarang. Dikatakannya, ada beberapa hal perlu diingat dalam penguatan karakter pada anak didik yaitu keagamaan siswa, nasionalisme, kemandirian, kejujuran (integritas) dan gotong-royong.

"Agama merupakan salah satu akar tempat pendidikan tumbuh. Akar pendidikan adalah agama. Inilah posisi strategis dari guru agama. Maka itu, peranan guru agama sangat mutlak. Apasaja yang harus dijadikan pegangan. Membangun betul-betul rasa keberagamaan secara islam," pesan Mendikbud saat membuka seminar yang digelar alumni Pendidikan Guru Agama (PGA) Pidie di Gor Alun-alun Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Provinsi Daerah Istimewa, Sabtu (5/5/2018).

Seminar yang dihadiri sekira 1.500 peserta bertema "Tantangan Pendidikan Agama dan Pendidikan Karakter di Era Global". Saat membuka seminar, Menteri Pendidikan RI, Muhadjir Effendy menyampaikan pesan antara lain penguatan pendidikan agama harus didukung tenaga guru yang maksimal.

Kedatangan Menteri Pendidikan RI Muhadjir Effendy didampingi Direktur Pembinaan Guru Dikdas Kemendikbud Drs Anas M Adam dan rombongan disambut Bupati Pidie Roni Ahmad.

Adapun pemateri dijadwalkan akan mengisi seminar dalam rangka Hari Pendidikan ini adalah Prof Phil Kamaruddin Amin, MA Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Drs Anas M Adam MPd, Direktur Pembinaan Guru Dikdas Kemendikbud RI, Prof Madya Dr Azmil bin Hasyim dari University Pendidikan Sultan Idris Malaysia, dan Dr Huzair A.H Sanaky MSi dari Universitas Islam Indonesia.

"Kegiatan ini kerja sama alumni Pendidikan Guru Agama (PGA), Dinas Pendidikan Aceh, Kanwil Kemenag Aceh, Pemkab Pidie, KNPI dan Yayasan Pionir Nusantara," pungkas Ketua Panitia Pelaksana, Drs Hanafiah MY MPd yang juga Kepala MAN Kembang Tanjung. (MCPidie/Vira)