Temanggung, InfoPublik – Upacara penutupan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap I (satu) tahun 2018 Kodim 0706/Temanggung dengan tema "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter Dan Kemandirian Bangsa", dilaksanakan Kamis (3/5).

Selaku inspektur upacara Letkol Arm Yusuf Setiaji Msi.Han, Dandim 0706/Temanggung, dengan komandan upacara Lettu Edi Hartono, Danramil 05/ Kecamatan Candiroto. 

Upacara penutupan ini dihadiri oleh FKPD Kabupaten Temanggung, OPD se-Kabupaten Temanggung, Muspika Kecamatan Kedu, Kepala Desa se-Kecamatan Kedu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat setempat. 

Sasaran yang dicapai dalam TMMD tahap 1 mencakup, sasaran fisik berupa betonisasi jalan sepanjang 842meter, pembuatan talud, pembuatan gorong-gorong dan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sejumlah 1 unit rumah. 

Selain sasaran fisik, juga dilakukan pembangunan non fisik seperti penyuluhan kenakalan remaja, kesehatan masyarakat dan bahaya narkoba bagi generasi muda. 

Kita senantiasa memelihara kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong serta kepercayaan diri dalam kehidupan keseharian kita.

"Saya juga minta agar fasilitas dan sarpras yang telah dibangun ini senantiasa dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat,” papar Yusuf saat memberikan amanat upacara. 

"Kepada prajurit dan seluruh komponen masyarakat saya pesankan untuk terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprofokasi oleh pihak manapun yang ingin memecah persatuan dan kesatuan," imbuhnya. 

Semangat gotong royong masyarakat sebagai warjsan budaya bangsa yang sudah menjadi kultur agar selalu dijalin dan dilestraikan sebagai budaya dalam bermasyarakat, tegasnya lagi. (MC TMG / Coeplis /Ekape/toeb)