Bupati Labuhanbatu Canangkan 16 Kampung KB

:


Oleh MC KAB LABUHANBATU, Jumat, 4 Mei 2018 | 10:45 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 1K


Labuhanbatu, InfoPublik - Pencanangan kampung KB (Keluarga Berencana) serentak di Kabupaten Labuhanbatu tahun 2018 sebanyak 16 Desa. Kampung KB merupakan salah satu program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Labuhanbatu H.Pangonal Harahap SE,MSi pada pencanangannya  di Terminal Pelabuhan Kelas III Tanjung Serang Elang, Kecamatan Panai Hulu. Kamis (3/4/2018).

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2017 Kabupaten Labuhanbatu telah mengembangkan 1 kampung KB di setiap Kecamatan, dan di tahun 2018 ini Kementrian Desa menetapkan 16 kampung KB yang akan dikembangkan yang tersebar di 6 Kecamatan dengan kriteria Desa tertinggal dan terpencil. Serta di tahun 2019 direncanakan pencanangan akte kelahiran di RSUD dan Puskesmas dalam jangka waktu 3 hari kerja.

"Fokus kampung KB adalah desa, maka kepada para kepala desa yang sudah dan akan mengembangkan kampung KB, dapat memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan kampung KB. Pemerintah hanya memfasilitasi, akan tetapi masyarakatlah sebagai pelaku pembangunan di daerahnya masing-masing," ujar Pangonal.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati menekankan kepada Dinas PP&KB sebagai leading sektor program kampung KB agar terus melakukan pembinaan dengan melibatkan lintas sektor terkait yaitu PKK, IBI, dan TNI, serta tokoh agama melalui Fabsedu sedangkan koalisi kependudukan diharapkan dapat menganalisa berbagai persoalan kependudukan di Labuhanbatu.

"Pengembangan kampung KB mengusung tema tersedianya pos terintegritas yaitu posyandu, paud dan bina keluarga, bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama yang memiliki balita. Selain itu dibutuhkan dana yang akurat tentang kondisi Desa untuk mengetahui potensi kampung KB yang dikembangkan", kata Bupati.

Disisi lain Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lidiyawati Harahap, S.Psi.M.AP menyampaikan kampung KB meruoakan implementadi program nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa, dalam kerangka negara kesatuan.

"Sebagai bentuk apresiasi kepada kampung KB yang telah berbenah, tahun ini diadakan lomba kampung KB untuk memotivasi masyarakat agar berpartisipasi dalam pengembangan kampung KB, adapun Desa yang dicanangkan sebagai kampung KB yakni Desa S1Aek Nabara, S2, S4, S5, N1, N8, Emplasmen A.N, Tebing Tinggi Pangkatan, Perk Bilah, Selat Besar, Sei Pelancang, Sei Tawar, Sei Baru, Meranti Paham dan Wonosari," sebut Lidiya.

Acara tersebut diwarnai dengan pelayanan KB implan dan pengobatan gratis, pemberian bantuan kepada kampung KB berupa buku, WC jongkok, bibit jagung, benih ternak serta pemberian akte kelahiran sebanyak 17 lembar, KTP 8 lembar, dan KK 5 lembar secara simbolis dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Labuhanbatu. 

Selanjutnya pemberian sertifikat tanah, asuransi dan nelayan, penyerahan SK penetapan kampung KB tahun 2018 kepada 16 Kepala Desa, serta penandatanganan MOU percepatan kepemilikan akte kelahiran antara Sekdakab, Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil, RSUD, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana oleh Bupati Labuhanbatu H.Pangonal Harahap SE, MSi. (MC Labuhanbatu/Noor)