Hardiknas Tahun 2018, Kualitas Guru Perlu Dibina

:


Oleh MC KAB MUKOMUKO, Kamis, 3 Mei 2018 | 08:15 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 452


Mukomuko InfoPublik – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 dilangsungkan  di halaman kantor bupati  Rabu (2/5).

Upacara ini dipimpin langsung Bupati, Choirul Huda, SH bertindak sebagai Inspektur Upacara. Tema yang diambil menguatkan pendidikan dan kemajuan kebudayaan, khususnya di Kabupaten Mukomuko.

Agar Hardiknas ini dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan. Sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran dan praktek pendidikan.

Ia juga menyatakan, pendidikan di Kabupaten Mukomuko sejauh ini masih perlu pembinaan dan peningkatan kualitas. Salah satunya pembenahan kualitas guru selaku unsur pertama meningkatkan pendidikan.

Peningkatan tersebut dapat diperoleh melalui pelatihan dan kesadaran para guru. Mekanisme peningkatan sudah didapat oleh sebagian guru di kabupaten yaitu yang sudah sertifikasi.

‘’Anak yang berkualitas dilahirkan oleh guru yang berkualitas, untuk itu pembinaan para guru harus ditingkatkan. Semua ini sudah saya sampaikan pada guru jangan malu untuk membaca didepan para murid dan tempatnya. Karena kegiatan seperti itu dapat memberikan contohnya yang baik pada anak-anak,’’tuturnya.(MC.kab.Mukomuko/Eyv)

 

Menambahkan, pendidikan juga harus menyiapkan tenaga tenaga terampil dan kreatif. Memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat. Memiliki kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknologi sesuai dengan kebutuhan. Meskipun demikian, Ia juga mengakui bahwa belum semua wilayah tersentuh pembangunan insfrastruktur sekolah. Selain insfrastruktur juga perlu dilakukan pemerataan penempatan guru.

‘’Pada tahun-tahun mendatang pemerintah akan memberikan prioritas pembangunan infrastruktur dan pemerataan guru,’’ungkapnya.(MC Mukomuko/TM)