May Day di Sergai Berlangsung Kondusif

:


Oleh MC KAB SERDANG BEDAGAI, Rabu, 2 Mei 2018 | 11:34 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 714


Serdang Bedagai, InfoPublik - Peringatan May Day di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2018 yang jatuh pada Selasa (1/5) dipusatkan di lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah berlangsung kondusif.

Turut hadir dalam peringatan tersebut Wabup Darma Wijaya, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, perwakilan Kajari, Kakan Kesbangpol Drs. Purba Siregar, Kadis Nakerkopum diwakili Sekretaris Abdul Haris, S.Sos, MAP, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, S.Sos, serta ratusan buruh pekerja yang tergabung dalam organisasi SBSI 1992, F.SPPP-K.SPSI, K.SPSI, OSPKMM PT. TMN, PK. KAMIPARHO SBSI, PERBBUNI, SP. BUN-PTPN III, SP2MLSU dan unsur masyarakat lainnya.

Dalam orasi perwakilan organisasi buruh dan karyawan yang dibacakan oleh Agan Surya Tanjung, SH disampaikan apresiasi kepada Pemkab Sergai khususnya Bupati dan Wakil Bupati, karena telah mengingat sekaligus menghargai jasa para buruh yang telah memberikan loyalitas dan totalitas untuk perusahaan – perusahaan di daerah ini. Hal tersebut tentunya turut membantu dan berperan aktif dalam memajukan Kabupaten Serdang Bedagai.

Beberapa aspirasi yang telah diungkapkan diharapkan dapat disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat  antara lain tuntutan pencabutan PP 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang dirasa merugikan kaum buruh, selanjutnya agar dilakukan penghapusan sistem buruh kontrak (outsourching). Penurunan harga sembako juga menjadi hal yang diharapkan, selain menolak masuknya tenaga kerja asing yang semakin mempersulit masyarakat pribumi untuk mendapatkan pekerjaan.

Selanjutnya disampaikan agan, bahwa para buruh meminta kepada Pemkab Sergai untuk bertindak tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti tidak memberikan hak-hak buruh/karyawan berupa jaminan kesehatan. Selain itu agar Pemkab Sergai lebih intensif dalam mengawasi kesejahteraan dan kesehatan bukan hanya buruh dan karyawan, namun juga keluarganya.

Sementara itu Wabup Sergai Darma Wijaya sebelum menanggapi aspirasi perwakilan organisasi buruh tersebut, menyampaikan salam dari Bupati Soekirman yang saat ini sedang melaksanakan tugas diluar negeri. Dikatakan Darma Wijaya, bahwa momen setiap tanggal 1 Mei ini merupakan sejarah bagi buruh dan pekerja sebagai hari buruh internasional serta bentuk penghargaan kepada buruh dan karyawan yang perannya sangat penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Terkait tuntutan yang disampaikan perwakilan organisasi buruh dan karyawan tersebut, Wabup menyatakan sependapat, selain karena latar belakang orang tua yang juga buruh dan karyawan, bahwa memang kesejahteraan buruh dan karyawan memang sudah selayaknya dipenuhi karena merupakan tanggung jawab Pemerintah. “Untuk itu saya bersama Bupati berjanji  akan menyampaikan aspirasi kaum buruh dan karyawan ini kepada Pemerintah Pusat”, ujar Darma Wijaya.

Disampaikan Wabup bahwa latar belakang kemajuan teknologi saat ini diakui memang berdampak telah mengurangi jumlah karyawan dan buruh padat karya. Untuk itu kita harus berfikir yang lebih positif dan melahirkan inisiatif dan inovasi guna meningkatkan perekonomian rakyat yang intinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Mohon masukan sebanyak-banyaknya dari rekan-rekan kaum buruh dan karyawan tentang masalah dan tantangan yang dihadapi di lapangan agar dapat duduk bersama untuk mencari win-win solution yang menguntungkan semuanya,” kata Wabup.

Wabup Darma Wijaya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada buruh dan karyawan di Sergai yang tertib pada May Day hari ini, serta dihimbau agar tidak turun ke jalan sehingga menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib karena kita semua bersaudara, pungkasnya. Peringatan May Day ini diwarnai dengan lucky draw serta kegiatan kreatif dan bersifat olah raga seperti senam sehat, tarik tambang, balap karung dan hiburan. (MC Sergai/vivi/eyv)