Jaga Lingkungan ala Warga Gebang Raya

:


Oleh MC KOTA TANGERANG, Selasa, 1 Mei 2018 | 21:22 WIB - Redaktur: Taofiq Rauf - 814


Tangerang, InfoPublik - Warga Gebang Raya RW. 02 Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk Kota Tangerang melakukan pengolahan sampah secara mandiri melalui Program Bank Sampah. Selain mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),  juga dapat meningkatkan perekonomian warga.

Program Bank Sampah memang merupakan upaya Pemerintah Kota Tangerang dalam penanganan persoalan sampah berbasis masyarakat. Seperti yang terjadi Selasa (01/5/2018) masyarakat RW. 02 diajak memilah sampah secara mandiri dirumahnya masing – masing untuk kemudian dikumpulkan di Bank Sampah Melati 2.

Lurah Gebang Raya, Maulana Arimatiar Damanik sangat mengapresiasi upaya warga khusunya di wilayah RW 02 yang telah peduli terhadap persoalan sampah sehingga dapat menciptakan lingkungan bersih dan asri.

”Semoga masyarakat bisa memanfaatkan potensi ini, karena pada dasarnya sampah jika di olah dengan baik dan benar dapat memberikan banyak keuntungan. Seperti anorgantik dijadikan produk bernilai jual sedangakan organik bisa menjadi pupuk,” kata Maulana.

Pengurus Bank Sampah Ahmad mengatakan, pihaknya memang rutin mengajak dan membimbing warga untuk dapat memanfaatkan sampah menjadi lebih bernilai ekonomi. Sampah-sampah seperti kardus, botol bekas minuman dan plastik menjadi sasaran.

”Kemudian para nasabah menyetor sampah mereka kelapak , uang hasil timbangan tidak langsung diberikan namun dengan sistem menabung yang biasanya di ambil setiap akhir bulan,” papar Ahmad.

Bank Sampah yang di beri nama melati 2 itu pun rutin melakukan penimbangan seminggu Dua kali yakni di Hari Sabtu dan Minggu. Dengan mencangkup 5 RT yang menghasilkan sampah lebih dari 800 Kilogram perbulan.

Ahmad menambahkan sudah banyak warga yang mandiri memilah dan datang langsung untuk menjual bahkan menyumbangkan limbahnya di lokasi Bank Sampah yang berukuran 4x5 (m2).

"Kami juga melakukan jembut bola yakni berkeliling kerumah warga mengambil sekaligus terus mengingat kan guna tetap mempertahankan perilaku hidup bersih dan sehat," katanya.

Sementara itu Sopi, Ketua Kader Posyandu RW. 02 yang rutin melakukan sedah sampah setiap minggunya mengaku pola hidup sehat sedikit demi sedikit menjadi pola hidup sebagian besar warga sekitar.

”Ini merupakan solusi bagi warga yang ingin melakukan kewajibannya untuk bersedekah, selain itu secara tidak langsung kita juga sebagai warga telah melakukan tindak nyata untuk mendukung Program Pemko Tangerang yakni Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU),” ucapnya.