Organisasi Kepemudaan Di Balangan Peringati Hari Bumi

:


Oleh MC KAB BALANGAN, Selasa, 1 Mei 2018 | 06:48 WIB - Redaktur: Tobari - 444


Paringin, InfoPublik - Peringatan Hari Bumi,  Minggu (29/4), digelar di Taman Hijau Balangan. Kegiatan dengan tema "Hijau Lestari Balanganku" Bersepeda, Menanam, Memilah Sampah ini disupport oleh PT. Adaro Indonesia.

Sedangkan untuk panitia pelaksana adalah beberapa elemen organisasi lingkungan hidup dan organisasi kepemudaan yaitu FKH Melingai, KNPI Balangan dan Balangan Green Leader.

Kegiatan diawali dengan bersepeda oleh komunitas sepeda POS, Centurion, Sadang dan SGP Pugaan beserta panitia pelaksana memulai start dari Terminal Paringin menuju jalan arah tungkap ke zona penanaman pohon pertama yaitu di kecamatan Paringin Selatan.

Kemudian dilanjutkan ke zona penanaman kedua yaitu di mesjid Al-Akbar, dan terakhir finish di Taman Hijau Balangan.

Beberapa Sekolah Program Adiwiyata antara lain SDN Paringin 1, SDN Galumbang, SMPN 4 Paringin, SMPN 3 Paringin, SMAN 1 Paringin, SMAN 2 Paringin, SMKPPN Paringin, SMAN 1 Juai dan SMAN 2 Juai serta komunitas diantaranya Tadas, Salimah, APAN, Green Ranger ikut meramaikan kegiatan.

Bupati Balangan H. Ansharuddin hadir langsung beserta pejabat dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perkim Balangan. Dalam kesempatan itu Bupati Ansharuddin ikut melakukan aksi penanaman pohon di lokasi kegiatan. Ia menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dan mendukung penuh.

"Bumi, air dan udara harus kita jaga sama-sama dan bersinergi dengan seluruh elemen khususnya di Kabupaten Balangan agar tetap bersih dan tidak tercemar," ujarnya.

Aksi dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih di Taman Hijau Balangan oleh semua peserta kegiatan, dalam aksi ini peserta tidak hanya mengambil sampah, namun juga melakukan pemilahan sampah sesuai jenisnya, melakukan pencatatan dan penimbangan sampah.

Sementara pengangkutan difasilitasi oleh Bank Sampah Batu Piring Mandiri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perkim juga sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia pelaksana, karena sejalan dengan program masing-masing dinas.

Sebagai kenang-kenangan kegiatan, di 3 zona aksi diberikan secara simbolis bak sampah untuk menunjang sarana kebersihan di masing-masing zona. (MC Balangan/Bpost/Me/toeb)