Bupati Batang: Jadilah Pemilih-Pemilih Cerdas

:


Oleh MC KAB BATANG, Selasa, 1 Mei 2018 | 02:47 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 366


Batang, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Batang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), menyelenggarakan kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula, karena sebentar lagi kita akan menghadapi tahun demokrasi. Ada beberapa siswa yang memang baru tahun ini menjadi pemilih di Kabupaten Batang,

Demikian pernyataan itu  tersebut disampaikan Bupati Batang, Wihaji pada acara pendidikan politik pemilih pemula yang bertempat di Gedung Pramuka Kabupaten Batang, Senin (30/4).

“Oleh karena itu, kita kasih pendidikan politik khususnya bagi pemilih pemula, harapan kami mereka ini masa depan bangsa, masa depan Batang dimana menjadi pemilih-pemilih yang cerdas,” ujar Bupati Batang, Wihaji.

Wihaji, menambahkan, intinya jadilah pemilih yang cerdas karena itu yang menentukan masa depan bangsa, serta berikan pemahaman yang baik dan benar tentang demokrasi sehingga nanti proses yang panjang bahwa Indonesia suatu saat menjadi Negara hebat akan dilalui.

“Ini merupakan kewajiban dan haknya pemilih, kenapa harus memilih karena ini negara kita, sistem negara kita demokrasi, karena itu kewajiban memilih nanti ada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, ada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan seterusnya yang mana sudah diatur dalam penyelenggara pemilu,” tandas Bupati Batang, Wihaji.

Kepala Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata, mengatakan bahwa Pendidikan pemilih pemula yang utama yakni masalah etika dan moral berpolitik yang baik berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama yang mereka yakini.

Agung, juga menambahkan selain itu juga, nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila karena itu dasar pandangan hidup kita dalam berbangsa dan bernegara sehingga mereka akan tahu hak, kewajiban  dan tanggugjawab selaku warga negara. Kemudian didalam politik juga harus menghormati tradisi yang ada dilingkungannya.

Kasi Politik dan Kewaspadaan Nasional Batang, Imam Setiawan, dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula ini sebagai sarana pembelajaran bagi peserta untuk mengetahui etika dan moral politik. Selain itu juga sebagai sarana untuk memberikan kesadaran hak dan kewajiban warga negara serta berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegera.

Imam menambahkan adapun peserta kegitan tersebut sebanyak 175 siswa terdiri dari siswa-siswi SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Batang. (MC Batang, Jateng/Iwan/Ardhy)