Wujud Kepedulian Bank Indonesia Bagi Anak Bangsa

:


Oleh MC KOTA MALANG, Senin, 30 April 2018 | 12:51 WIB - Redaktur: Tobari - 307


Malang, InfoPublik - Setiap tahun Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah Malang memberi beasiswa dan pelatihan khusus kepada 150 mahasiswa yang memenuhi kriteria.  sebagai wujud kepedulian Bank Indonesia untuk melahirkan generasi masa depan yang cerdas dan berkarakter.

Berbagai ilmu pengetahuan, terutama tentang bank sentral dan pembentukan karakter serta nasionalisme disematkan bagi para mahasiswa yang diberi label Generasi Baru BI (GENBI) ini.

Program ini, sekaligus sebagai wujud kepedulian Bank Indonesia untuk melahirkan generasi masa depan yang cerdas dan berkarakter. Melalui program GENBI ini akan turut mencerdaskan anak bangsa, seperti halnya dengan memberikan beasiswa dan pembentukan karakter.

Hal itu yang disampaikan Kepala Tim Pengembangan Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Malang, Jaka Setyawan, Jum'at (27/4). Setiap tahun, dijelaskan Jaka, bahwa ada 150 mahasiswa yang direkrut dan menerima program ini yang berasal dari tiga perguruan tinggi negeri di Malang.

Sebelumnya, terang Jaka, mereka dijaring oleh pihak kampus dan harus memenuhi berbagai kriteria, seperti prestasi di bidang akademis, aktivis mahasiswa dan dari keluarga kurang mampu. “Para mahasiswa yang diseleksi mulai semester 4 hingga 6 ini, akan mendapat beasiswa selama 1 tahun,” imbuhnya.

“Sebelum menerima beasiswa, para mahasiswa ini digembleng khusus ala militer dan dibekali berbagai ilmu pengetahuan, kedisiplinan dan nasionalisme. Melalui program ini, para GENBI akan terbentuk karakter dan pola pikirnya, karena mereka merupakan penyambung tongkat estafet bangsa ini di masa depan,” urai Jaka.

“Dalam konteks ini, wajah suatu bangsa di masa mendatang akan ditentukan oleh kaum muda saat ini, sehingga harus dipersiapkan seoptimal mungkin,” jelasnya.

Dengan program GENBI ini, Jaka berharap akan turut melahirkan calon pemimpin bangsa yang mempunyai nilai lebih, dari sisi akademis, nasionalisme, yang berkarakter serta mempunyai pola pikir berkemajuan. (say/ram/toeb)