Prakiraan KCP Sumenep dalam Sepekan, Waspada Peningkatan Tinggi Gelombang

:


Oleh MC KAB SUMENEP, Jumat, 27 April 2018 | 06:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 338


Sumenep, InfoPublik - Dalam sepekan ke depan, Kondisi Cuaca Perairan (KCP) di perairan utara Jatim, yang termasuk juga Sumenep di dalamnya, diperkirakan berada di kisaran 0,5 hingga 1,0 meter.

Keterangan ini disampaikan BMKG Kalianget dalam rilisnya pada Media Center hari ini. “Hal itu sesuai dengan Grafik Ketinggian Gelombang mulai tanggal 25 April 2018,” kata Usman Kholid, Kepala BMKG Kalianget melalui stafnya, H. Moh. Faqih, Kamis (26/04).

Namun di akhir pekan, sebagaimana yang dijelaskan Faqih, diperkirakan akan ada peningkatan ketinggian gelombang. Dalam grafik disebutkan tinggi gelombang kala itu diperkirakan 1 hingga 1,5 meter.

“Diperkirakan pada tanggal 30 April hingga 01 Mei 2018, di laut Jawa bagian timur, perairan Masalembu, perairan Bawean, perairan Kangean, dan Perairan utara Jatim,” imbuh Faqih.

Sementara potensi turunnya hujan ringan untuk prakiraan hari ini, Kamis, terjadi di kawasan tersebut. Arah angin disebut umumnya berasal dari Timur Laut-Tenggara. Kecepatan angin di laut Jawa bagian timur maksimum 20 knot (setara dengan 36 km/jam). “Kalau di Samudera Hindia selatan Jatim, kecepatan angin maksimum 26 knots atau 47 km/jam,” jelas Faqih.

Mengenai ketinggian gelombang di laut Jawa bagian timur, khusus hari ini, yang juga meliputi perairan Kangayan dan kepulauan Masalembu, saat ini berada di kisaran 0,3 hingga 0,8 meter. Lebih rendah dari perairan di Samudera Hindia Selatan Jatim, yang mencapai 1,5 hingga 2,5 meter. “Jadi kami tetap himbau agar berhati-hati,” tuturnya. ( MC.Sumenep/Farha/Esha/Fer/Eyv)