Museum Tempat Menimba Ilmu

:


Oleh MC KAB SLEMAN, Kamis, 26 April 2018 | 15:58 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 489


Sleman, InfoPublik - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman mengadakan Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat SMP se-Kabupaten Sleman tahun 2018 pada Rabu (25/4) bertempat di Museum Gunung Merapi, Pakem, Sleman. Lomba tersebut diikuti oleh lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Sleman, yakni, SMPN 1 Pakem, SMPN 2 Tempel, SMPN 1 Godean, SMPN 1 Kalasan, dan SMPN 1 Depok.

Kepala Dinas Kebudayaan Aji Wulantara mengatakan alasan dipilihnya tema museum yaitu, sesuai dengan Undang–Undang No. 11 tahun 2010 bahwa museum merupakan tempat edukasi bagi generasi muda. Ia mengatakan museum merupakan bagian dari media peradaban manusia.

“Dengan mengenal peradabannya kita akan lebih mencintai sesama, menghormati sesama, sehingga dapat hidup guyub dan rukun,” kata Aji.

Tema ini diangkat agar museum kembali dikenal dan dicintai. Ia menegaskan bahwa masyarakat tak perlu berpersepsi museum adalah tempat yang angker, sebab museum adalah tempat untuk menimba ilmu pengetahuan.

Sementara itu, Aji berharap bahwa melalui lomba tersebut para peserta lomba dapat menjadi kader di sekolahnya masing–masing untuk menyuarakan bahwa museum layak untuk dikunjungi anak–anak, sehingga anak – anak akan tumbuh dengan luasnya pengetahuan dan intelektual akan akan diimbangi dengan kecerdasan sosial budaya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan Sleman ini memberikan langsung trofi dan uang pembinaan kepada peserta lomba yang mendapatkan juara. Untuk Juara pertama diraih oleh SMPN 1 Depok, juara kedua SMPN 1 Kalasan, dan juara ketiga SMPN 1 Godean.

Adapun juri pada lomba tersebut ialah Petrus Lajim, Guru dari SMPN 1 Sleman dan Tri Marwidiningsih, Guru dari SMPN 2 Sleman. (MC Sleman/Noor)