Batam Tuan Rumah Anugerah Pewarta Foto Indonesia

:


Oleh MC KOTA BATAM, Kamis, 26 April 2018 | 12:46 WIB - Redaktur: Tobari - 351


Batam, InfoPublik - Tahun ini Batam menjadi tuan rumah agenda tahunan Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) ke-8. Kegiatan yang digelar para profesional fotografi media massa ini digelar selama sepekan, mulai Jum'at (27/4).

Batam dipilih karena lokasinya yang strategis, berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Serta organisasi PFI Kepri yang dinilai mumpuni untuk mengadakan kegiatan besar ini.

"Acara ini akan diikuti pewarta foto dari seluruh Indonesia. Tema yang diangkat untuk APFI 2018 ini adalah 'Dari Bumi Melayu Untuk Indonesia Satu'," kata Ketua Panitia, Immanuel Sebayang, Kamis (26/4).

Malam penganugerahan karya foto dan multimedia APFI 2018 akan digelar di Astaka MTQ Nasional di Dataran Engku Putri Batam Centre, Jum'at (27/4) malam. Penghargaan-penghargaan yang akan diberikan antara lain Apresiasi Karya Terbaik Pewarta Foto, Apresiasi Terbaik Sepanjang 2018, dan Apresiasi Abdi Karya Sepanjang Masa (Lifetime Achievement).

Ribuan karya sudah masuk dan dinilai oleh para fotografer profesional. Setelah melakukan penjurian, terpilih total 42 pemenang dari 5 kategori. Kategori yang dikompetisikan antara lain Citizen Journalisme Foto Tunggal, Citizen Journalisme Foto Story, kategori Multimedia, Foto Single Pewarta Foto, dan kategori Foto Story Pewarta Foto.

Sebanyak 406 pengirim dengan jumlah 2.448 karya pewarta foto, 15 karya multimedia, dan 190 karya foto Citizen Jurnalis yang terkumpul.

Dewan juri yang andil dalam APFI 2018 di antaranya Kemal Jufri (Freelance),  Hermanus Prihatna (Kepala Divisi Pemberitaan Foto Antara), Erik Prasetya, Safir Makki (Fotografer CNN Indonesia), Gusti Bayu Ismoyo (Fotografer AFP), Edi Purnomo (Freelance), Arbain Rambe (Fotografer Senior Kompas).  Sedangkan juri Multimedia yaitu Eddy Hasby (Fotografer Kompas) dan Andi Riccardi (APTN). 

Selain malam penganugerahan, APFI 2018 juga diisi dengan pameran foto jurnalistik. Kurang lebih 49 foto karya terbaik pewarta akan dipamerkan di Gedung Astaka. Serta diskusi foto dengan narasumber berpengalaman seperti Arbain Rambey, Edi Purnomo, Yuniadhiagung, Komunitas foto, dan fotografer profesional lainnya.

Ketua PFI Kepri, Tommy Purniawan mengatakan tujuan APFI ke masyarakat Kepri khususnya Batam adalah memberikan pelajaran tentang fotografi. Baik dari cara mengabadikan suatu momen di balik lensa, peng-angle-an foto, dan hak cipta untuk sebuah karya foto. (MC Batam Kartika/toeb)