Surgi Mufti Wakili Kota Banjarmasin

:


Oleh MC KOTA BANJARMASIN, Kamis, 26 April 2018 | 09:29 WIB - Redaktur: Kusnadi - 490


Banjarmasin, InfoPublik – Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara terpilih mewakili Kota Banjarmasin mengikuti lomba Kelurahan tingkat Provinsi Kalsel tahun 2018. Penilaian yang dilakukan Tim Penilai Gabungan dari Provinsi Kalsel itu, terdiri dari beberapa item pelayanan, diantaranya pelayanan administrasi kependudukan, kemudian pelayanan Posyandu, dan beberapa pelayanan masyarakat lainnya.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, Kelurahan Surgi Mufti merupakan kelurahan yang terpilih mewakili kota seribu sungai ke tingkat Provinsi Kalsel, mengingat kelurahan yang berlokasi di Jalan Jahri Saleh Banjarmasin Utara itu telah mendapat kategori penilaian terbaik pertama, pada lomba tingkat Kota Banjarmasin tahun 2018 ini.

Lebih lanjut dikatakannya, sesuai Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, di instruksikan seluruh kabupaten, kota dan provinsi melaksanakan perlombaan kelurahan setiap tahunnya.

“Kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan yang ada di masyarakat, oleh karena itu pembangunan kelurahan mempunyai dampak positif yang dapat menyentuh langsung kepentingan masyarakat,” ujarnya, dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Sosial, Setda Kota Banjarmasin, Gazi Ahkmadi, Rabu (25/04).

Di kelurahan, jelasnya lagi, terdapat berbagai upaya pembangunan seperti, pembangunan kesehatan, pendidikan, keamanan serta pembangunan serta pembangunan infrastruktur. Selain itu, bebernya, di kelurahan juga dikembangkan model pembangunan berkarakter masyarakat, seperti pembiasaan hidup bersih dan sehat, pembiasaan hidup teratur, tertib, gotong royong, saling menghormati, toleransi dan semangat ingin lebih baik, lebih maju dan berkembang.

“Pemerintah pusat dan daerah setiap tahun melakukan evaluasi dan penilaian perkembangan kelurahan terhadap upaya yang telah dilakukan pemerintah kelurahan bersama masyarakat, karena itu dilaksanakan lomba kelurahan secara berjenjang tiap tahunnya,” jelasnya.

Kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, Kabag Tapem Setda Kota Banjarmasin, dan para lurah se Kecamatan Banjarmasin Utara, orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini berharap, tim penilai dapat melihat kebaikan dan kelebihan Kelurahan Surgi Mufti, sehingga dapat mengkategorikannya sebagai kelurahan terbaik se Kalsel tahun 2018.

“Kepada tim penilai saya ucapkan terima kasih, semoga apa yang dihasilkan dari lomba ini merupakan hasil terbaik bagi kita semua,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Tim Penilai, Hadi Purwanto, dari enam kabupaten dan kota yang masuk dalam penilaian lomba tersebut, ada dua kota yang sangat bersemangat dalam mempersiapkan seluruh item penilaian, salah satunya Kota Banjarmasin.

“Mudah-mudahan dengan adanya lomba ini dapat memcau seluruh kabupaten dan kota di Kalsel untuk membangun wilayah desa dan kelurahan menjadi lebih baik,” katanya.

Dengan adanya lomba kelurahan dan desa ini, harapnya, bisa menjadi penyemangat bagi pimpinan dan seluruh warga desa dan kelurahan unk lebih memajukan wilayahnya. “Dengan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan dapat dijadikan indikator sejauh mana perkembangan kemajuan pembangunan selama kurun waktu satu tahun di pemerintahan kelurahan dalam bidang kemasyarakatan,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Banjarmasin Utara, Apiluddin mengucapkan selamat datang kepada tim penilai. Ia juga berharap, dengan dilakukan penilaian tersebut, Kelurahan Surgi Mufti bisa menjadi yang terbaik. “Semua yang kita lakukan ini semata-mata karena ingin berbuat baik, mudahan langkah ini di ridhoi Allah SWT,” katanya.

Selain penilaian tersebut, rangkaian lain kegiatan tersebut adalah penyerahan dokumen kependudukan (pelayanan Satu hari Selesai) berupa akta kelahiran, kartu keluarga, kartu tanda penduduk dan kartu identitas anak (KIA), yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah.(humpro-bjm/Kus)