Mendikbud: 739 Ribu Guru Honorer Menuntut Jadi CPNS, ini Persoalan Rumit

:


Oleh Astra Desita, Rabu, 25 April 2018 | 19:15 WIB - Redaktur: Juli - 406


Jakarta, InfoPublik  - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah tengah menghadapi masalah rumit terkait guru honorer. Saat ini, ada sekitar 739 ribu guru honorer yang membutuhkan kejelasan status dan menuntut diangkat menjadi CPNS.

"Sebenarnya tidak ada lagi guru honorer. Sebab, PP 48 tahun 2005 jelas-jelas melarang pengangkatan honorer. Namun, di lapangan justru tetap ada rekrutmen," tutur Mendikbud Muhadjir, saat Jumpa pers Program Pemberian Bantuan Revitalisasi 219 SMK di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (25/4).

Menurut Menteri Muhadjir, masalah semakin runyam karena jumlah guru honorer membludak dan semuanya kepingin menjadi CPNS.

"Sebanyak 739 ribu guru honorer ini minta diangkat CPNS. Kalau tiap tahun bisa diangkat 100 ribu, berarti butuh tujuh tahun untuk menyelesaikannya," tegas Muhadjir.

Muhadjir menegaskan, masalah ini tidak akan terjadi bila pemda menaati aturan yang ada. “Tidak mungkin rekrutmen guru harus dari honorer terus. Kalau ingin meningkatkan kualitas pendidikan, yang harus diubah mekanisme rekrutmennya. Itu sebabnya, guru honorer yang ingin jadi CPNS harus lewat test," pungkas Mendikbud Muhadjir.