Februari, Tingkat Penghunian Kamar Hotel di Jatim Naik 0,49 Poin

:


Oleh MC PROV JAWA TIMUR, Selasa, 24 April 2018 | 09:20 WIB - Redaktur: Tobari - 396


Surabaya, InfoPublik – Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang pada bulan Februari 2018  sebesar 51,90% naik 0,49 poin dibandingkan TPK Januari 2018 sebesar 51,41%. Dengan kenaikan TPK tersebut menunjukkan bahwa usaha perhotelan di Jawa Timur mulai bergerak ke arah yang lebih menjanjikan. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Teguh Pramono dikantornya Surabaya, Senin (23/4) mengatakan, angka TPK ini menunjukkan pada Februari tahun 2018 dari setiap 100 kamar yang disediakan oleh seluruh hotel berbintang yang ada di Provinsi Jawa Timur, setiap malamnya sebanyak 51 hingga 52 kamar di antaranya telah terjual. 

Rata-rata Lama Menginap Tamu (RLMT) untuk hotel bintang pada Februari 2018 adalah 1,59 hari. Ini berarti bahwa pada umumnya lama tamu menginap, baik tamu asing maupun Indonesia, di hotel berbintang berkisar antara satu sampai dua hari. 

Kondisi tersebut menunjukan perkembangan Usaha Jasa Akomodasi Tingkat Penghunian Kamar merupakan salah satu indikator yang dapat merefleksikan tingkat produktivitas usaha jasa akomodasi. Jika TPK membesar dan cenderung mendekati 100%, maka dapat diartikan bahwa sebagian besar kamar laku terjual. 

Angka Rata-Rata Lama Menginap Tamu (RLMT) tamu asing yang berkunjung ke Provinsi Jawa Timur dan menginap di hotel berbintang tercatat 2,47 hari. Hal ini dapat diartikan rata-rata tamu asing yang menginap di hotel berbintang yang ada di Provinsi Jawa Timur pada bulan Februari 2018 tercatat selama 2 hingga 3 hari. 

Sedangkan untuk tamu dari Indonesia mempunyai angka RLMT selama 1,56 hari, atau rata-rata lamanya tamu Indonesia yang menginap di hotel berbintang yang ada di Provinsi Jawa Timur selama 1 hingga 2 hari. 

Tempat-tempat yang paling menjadi idola para wisatawan manca negara (Wisman) di Jawa Timur adalah Gunung Bromo di Probolinggo, panorama Gunung Dieng di Bondowoso, Panorama Alas Porwo di Situbondo, Pulau Merah Banyuwangi dan wisata belanja serta kuliner di Surabaya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-ryo/toeb)